Minggu, 11 September 2016

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN MAKHLUK SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI, SOCIAL MEDIA, DAN SOCIAL NETWORK BESERTA DAMPAKNYA

        Nama/NIM          : I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
        Mata Kuliah         : Aplikasi Sosial Media (C)
        Dosen                   : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
        Jurusan/ Fakultas / Perguruan Tinggi :
        Teknologi Informasi / Teknik /Universitas Udayana


MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN MAKHLUK SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI, SOCIAL MEDIA, DAN SOCIAL NETWORK BESERTA DAMPAKNYA

A. Pendahuluan 
Manusia merupakan makhluk  ciptaan tuhan Yang Maha Esa yang paling sempurna dibandingkan makhluk yang lain, manusia memiliki akal pikiran ,perasaan sehingga dapat memenuhi suatu kebutuhan. Makhluk derajat paling tinggi diantara yang lain dan memiliki suatu karateristik yang berbeda beda sehingga  disebut sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial. Dalam menggunakan internet , makhluk individu dan makhluk sosial memiliki peran penting dalam kemajuan teknologi .


B. Definisi dari Makhluk Individu beserta Makhluk Sosial

Secara definisi kata individu yang berarti sesuatu yang tidak terbagi  atau satuan terkecil yang sangat terbatas , jadi individu merupakan makhluk seseorangan . Seorang individu berasal dari  faktor keturuanan yaitu memiliki pola tingkah laku kepribadian tentang dirinya sendiri yang dibawa sejak lahir ,memiliki masing masing keunikanya di dalam dirinya sendiri dan faktor lingkungan yaitu suatu faktor yang mengubah karateristik seseorang .Kita dapat membedakan seseorang dari orang lainnya berdasarkan perbedaan-perbedaan yang ada, baik pada perbedaan fisik maupun rohani. Sebagai makhluk individu, manusia juga tidak mampu hidup sendiri artinya manusia juga hidup bermasyarakat. Manusia di definisi sebagai makhluk sosial adalah manusia tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan interaksi dan komunikasi dengan manusia lainnya. Dengan hal tersebut terciptalah masyarakat sebagai salah satu bentuk interaksi beberapa manusia di dalamnya .


C. Perkembangan Teknologi

Di zaman saat ini keberadaan teknologi informasi merupakan hal yang umum .Semakin berkembang suatu teknologi semakin cepat juga dalam pengaruh yang di hadapi. Teknologi informasi merupakan bidang pengelolahan, penyimpanan, dan penyebaran suatu informasi . Pada dasarnya perkembangan teknologi informasi merupakan bidang pengelolahan teknologi tampa batas pada hal-hal seperti proses, sistem informasi, bahasa pemrograman, dan perangkat komputer. Perkembangan dari komputer  seperti perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) serta perkembangan jaringan komputer pada internet. Perkembangan teknologi informasi cepat karena adanya internet. Hampir setiap orang membutuhkan komputer dan internet dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Internet merupakan jaringan computer terbesar di dunia yang menghubungkan dari semua  jaringan komputer yang saling berhubungan di dunia, baik menggunakan media kabel (wired) maupun tanpa kabel (wireless). Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking. Internet memberikan pengaruh besar terhadap peradaban manusia di jaman ini dengan beragam teknologi, aplikasi, produk, layanan yang disediakan didalamnya.


D. Definisi Social Media dan Social Network
 
Dalam penggunaan internet,  social media menjadi lebih dominan dalam penggunaanya karena saat ini penggunaan social media telah menjadi pendamping dalam masyarakat modern. Karena dengan mudahnya mengakses social media dari beragam perangkat sehingga hampir orang seluruh dunia menggunakan social media. Perlu di ketahui social media merupakan tempat (media) di mana anda dapat menyalurkan atau menyebarkan informasi kepada orang lain secara online. Banyak orang-orang berpartisipasi dalam menggunakan internet khususnya media sosial . Contoh dari media sosial adalah blog , wiki , yahoo  dan social network . Perkembangan media sosial  bertahap social network banyak di gunakan sampai saat ini. Jejaring sosial atau social network merupakan bentuk hubungan antara pengguna komputer dan jaringan komputer terhubung melalui interkasi satu sama lain, kedalam bentuk ketertarikan yang sama untuk topik, hobi, dan pemikiran yang sama memalui Social Media. Contoh dari social network adalah twitter, facebook, friendster.,Penggunaan social media saat ini tidak hanya digunaakan pada waktu luang saja tetapi banyak digunakan pada saat jam-jam penting.


E. Penerapan beserta dampak dari Social Media dan Social Network

Hubungan antara internet, social media, dan social network dengan manusai tidak dapat dipisahkan dari hakikat manusia sebagai makhluk sosial sekaligus makhluk individu. Dalam perkembangan internet, social media dan social network tentu saja mempengaruhi terhadap makhluk individu dan makhluk sosial. Seperti didalam jejaring sosial atau social network tampilan suatu layanan menampilkan suatu profil , dan aktivitas tentu saja membuat individu memudahkan mendapat suatu informasi ,aktivitas , interaksi di masing - masing individu .Selain bersifat individu , jejaring sosial dapat mempertemukan kita pada suatu layanan komunitas dimana yang bersifat grup bersama . Dengan munculnya social media dan social network membuat banyak orang yang saling berinteraksi di layanan web dengan mudah. Social network  tidak ada batasan – batasan dalam beriteraksi atau bersosialisasi, sekarang beriteraksi dengan sesama hampir tidak ada batasan tempat dan waktu. Dengan kedatangan internet , social media dan social network menandingi kepopuleran terhadap media konvesional seperti televise, radio, majalah, dan koran. Mereka memilih media sosial dikarena dalam media konvesional dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial yang penggunaanya lebih cepat, padat ,sederhana dan memiliki jangkauan luas atau global .

Social media dan social network  memiliki aspek seperti percakapan ,berbagi , hubungan ,reputasi dan berkelompok. Misalnya dari aspek percapakan dan hubungan seorang individu dapat melalukan interaksi sesama individu dan juga dapat melakukan hubungan keakraban . Berbagi atau sharing menurut kurikulum 2013 guru di himbau dalam mengajarkan murid murid nya diperkenakan untuk menggunakan internet ,social media dan social network dalam proses pengajarannya . Kelompok atau grup di dalam social network dimana suatu berkumpulan berkumpul dalam mewadahi di satu bidang misalnya di bidang bisnis

Perkembangan social media dan social network merupakan akibat dari kemajuan teknologi informasi saat ini . semakin canggih perkembanganya semakin mudahan kita  mencari informasi sesuai kebutuhan  dan keinginan mereka, contohnya internet, berkat adanya internet segala jenis informasi dapat diperoleh dan disebarkan luaskan dengan cepat, dan hampir tak mengenal batasan tempat dan waktu, sehingga seseorang dapat menigkatkan dan menambah wawasan dan pengetahuan melalui internet.

Dalam perkembangan social media dan social network memang krusial bagi sebagian orang. Memang banyak manfaat dari internet, social media dan social network dalam menajalankan kehidupan sehari-hari. Tetapi di setiap sisi positif pasti ada sisi negatif nya. Dampak negatif dari social media dan social network seperti keasikan menggunakan sampai kelupaan waktu , memiliki rasa ketergantungan terhadap social media dan social network ,mencipatakan dunia maya yang mendominisi menjadi dunia nyata ,dan berbagai macam kejahatan di jejaring situs. Dengan segala dampak tersebut, kita selaku pengguna sebaiknya menggunakan internet , social media dan social network sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita.

           

REFERENSI

1. Eka Pratama,I Putu Agus, Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung .2014
2. Makalah ISBD Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial .pdf
3. Buku media sosial kementerian id pdf
4. Bahan ajar TI Bagian 1.pdf












EmoticonEmoticon