Sabtu, 12 November 2016

KONTRUKSI WHILE PADA BAHASA C

Pada artikel kali ini saya akan mebahas tentang pengulangan pada dengan kontruksi WHILE. Saya menulis artikel ini karena berasal dari pengalaman pribadi. Pada saat UTS terdapat pertanyaan tentang mengubah source code While dimanapun saya tidak mempelajarinya dari kesalahan saya bertekad untuk memperbaiki semua itu .


Kontruksi WHILE digunakan pada program yangg terstruktur. Pengulangan ini digunakan apabila jumlah perulangannya belum diketahui. Proses pengulangan ini akan terus terjadi apabila selama kondisi masih benar (true). Apabila kondisi salah( false ) maka badan perulangan tidak akan dimasuki, yang berarti pengulangan selesai.


Yang harus diperhatikan apabila pengulangan suatu saat harus berhenti. Pengulangan yang tidak pernah berhenti (disebut looping) menandakan bahwa ada logika algoritma yang salah . Pengulangan akan berhenti apabila kondisi bernilai false. Agar kondisi berubah menjadi false, maka di dalam bada pengulangan harus ada intruksi yang mengubah nilai kondisi .


Disini saya akan memberikan contoh program dasar dari WHILE mencetak pesan Hello World ! sebanyak x kali dengan bahasa C menggunakan CodeBlocks

  #include<stdio.h>


  int main(void)
  { 
       int x;   //jumlah pengulanganya//
        x = 1;

        printf("\tProgram Cetak Banyak Hello World!\n\n");
         while ( x <= 10)
        {
             printf("%d Hello world!\n", x);
             x++;   // variabel x ditambah 1 //
        }

      return(0);

  }


  1. kita deklarasikan variabel dari nilai x di mana kita inputkan 10
  2. perulangan berawal dari 1 dapat di tulis x=1
  3. syarat (kondisi) melakukan perulangan adalah x <= 10 artinya selama nilai x masih <= 10, maka badan pengulangan boleh dimasuki;
  4. x harus terdefinisi nilainya sebelum pengulangan dilaksanakan pertama kali. Karena itu, pada bagian inisialisasi, I diisi dengan nilai 1. artinya kita memulai pencacahan dari nilai 1;
  5. Agar terjadi perulangan dari satu hingga berikut nya x tersebut ditambah satu sehingga kita tulis x ++

berikut source code program yang dibuat pada codeblocks dan running program seperti gambar dibawah ini

perulangan kontruksi WHILE

Demikianlah penjelasan yang dapat saya lontarkan mohon maaf karena pada saat penjelasan kurang lebih spesifik dalam menjelaskan. Disini saya juga masih belajar juga . Untuk berikut nya saya akan menjelaskan dengan program yang lebih meningkat dan lebih spesifik terima kasih. 

1 komentar


EmoticonEmoticon