Minggu, 23 Oktober 2016

REVIEW APLIKASI OTT LOKAL SEBANGSA, MINDTALK DAN CATFIZ

        Nama/NIM          : I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
        Mata Kuliah         : Aplikasi Sosial Media (C)
        Dosen                   : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
        Jurusan/ Fakultas / Perguruan Tinggi :
        Teknologi Informasi / Teknik /Universitas Udayana


REVIEW APLIKASI OTT LOKAL SEBANGSA, MINDTALK, DAN CATFIZ

A. Definisi Over The Top (OTT).

OTT merupakan aplikasi dan layanan yang berjalan pada jaringan computer khususnya internet dan provideryang terdapat application layer utama dari 5 layer TCP/IP Forouzan yang berkekuatan utama pada konten konten yang terdiri dari teks, audio, video, dan multimedia.Kali ini akan dijelaskan menggunakan aplikasi OTT lokal Indonesia yaitu Sebangsa, Mindtalk dan Catfiz


1. Sebangsa.

Sebangsa merupakan layanan social media yang merupakan asli dari Indonesia. Sebangsa merupakan aplikasi yang mengarah menjadi media layanan publik Indonesia. Di kembangkan oleh PT. Sebangsa Pertama. Sebangsa merupakan salah satu OTT (Over The Top) local yang di dukung oleh pemerintah dan ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia).  Sebangsa yang memiliki logo bergambar alat musik angklung ini dibentuk oleh Enda Nasution dan Indira B. Widjonarko pada tahun 2014.

Aplikasi Sebangsa dapat kita unduh/download melalui perangkat mobile Android maupun IOS. Saya menerapkan aplikasi Sebangsa melalui perangkat mobile IOS. Setelah aplikasi tersebut sudah terdownload dan dapat kita jalankan aplikasinya. Di tampilan pertama tentu saja kita dianjurkan untuk Registrasi ataupun Masuk. Saya telah memilik akun Sebangsa jadi tinggal masuk kalo tidak kalian dianjurkan untuk ketahap registrasi. Kalian dapat juga masuk menggunakan akun Facebook ataupun Twitter. Berikut tampilan seperti gambar dibawah ini.


Menggunakan Sebangsa hampir sama seperti menggunakan Twitter dan Facebook. Dengan kesamaan fitur fitur nya seperti Linimasa atau di twitter timeline. Japri atau di twitter direct messangers, dan Nofifikasi  yang ada juga pada facebook dan twitter,  cari dan fitur lain lain yang mendukung aplikasi sebangsa tersebut. Hanya saja Sebangsa merupakan aplikasi  lokal Indonesia. Selama saya menerapkan aplikasi Sebangsa selama beberapa hari. 

Dalam layanan Linimasa, jika  kalian pernah menggunakan twitter, facebook atau bisa menjalankan aplikasi tersebut, maka kalian tidak akan bingung dalam menjalanlan Linimasi pada Sebangsa. Linimasa ibaratkan sebagai Timeline . didalam linimasa terdapat dua pilihan yaitu Akun tau Komunitas. Didalam Linimasa yaitu Akun terdapat moment dari waktu yang sekarang hingga sudah lewat yang di unggah oleh akun-akun yang kita ikuti . Sedangkan Linimasa pada Komunitas dimana sebuah grup atau komunitas yang kita ikuti . Sebagai contoh ada pada gambar dibawah ini


Layanan Japri digambarkan dengan icon kotak pesan yang berarti di dalam japri tersebut kita dapat mengirim pesan terhadap teman kita. Japri tersebut seperti Direct Messages pada Twitter. Jadi tidak usah untuk binggung untuk menggunakan Japri tersebut.Seperti contoh gambar dibawah. Jika kalian belum pernah menggunakan japri dapat membuat japri lalu kita memilih akun,  karena sebelumnya dalam mengirim japri saya atur dalam privasi jadi kita dapat mengirim ke semua yaitu orang yang mengikuti maupun yang kita ikuti.

    

Mendengar kata Notifikasi itu merupakan hal yang umum di dengar. Notifikasi merupakan layanan pemberitahuan atau kabar . Jadi Notifikasi pada Sebangsa merupakan pemberitahuan atau kabar dari akitfitas kita sendiri, orang yang mengikuti kita  maupun dari komunitas yang kita ikuti . Misalnya seperti gambar dibawah ini. Beberapa detik lalu telah bergabung di komunitas +ArsenalINDONESIA dan beberapa teman saya telah mengikuti saya beberapa menit yang lalu.


Layanan Cari merupakan layanan yang umum ada pada suatu aplikasi. Setiap aplikasi pasti memiliki layanan cari . Layanan Cari pada Sebangsa berfungsi untuk mencari akun seseorang ataupun komunitas . Seperti contoh gambar dibawah ini. Saya ketik nama 'Ricardo' akan keluar akun atau tagar yang berhubungan dengan nama tersebut.


Pada Lain-lainya terdapat profil kita dan fitur-fitur menarik dari aplikasi Sebangsa tersebut. Pada Lain-lainya terdapat fitur fitur seperti Lencana, Favorit, Komunitas, Buat Komunitas, Ngetren, Pesan Panik, Jaga-jaga, Informasi Kontak Darurat dan lokasi. Nanti akan dijelaskan lebih lanjut terhadap fitur fitur itu. Sebelumnya kita harus tau pada profil yang diatas itu berisi tentang Lencana, Postingan, Komunitas, Mengikuti, Pengikut . Dan postinganmu sesuai dengan waktu di buatnya yang berada dibawah. Sebagai contoh ada pada gambar dibawah ini.


Pada fitur Lencana digunakan untuk memberikan penghargaan terhadap pengguna dalam menggunakan aplikasi sebangsa tersebut.Semakin kita aktif menggunakannya semakin kita mendapaatkan penghargaan sesuai dengan kebutuhan kita.  Sedangkan Favorit merupakan koleksi tautan atau post yang di simpan . Di dalam Fitur Favorit terdapat 2 yaitu Postingan Favorit dan Tagar Favorit.

 

Didalam fitur Komunitas terdapat 2 pilihan yaitu Komunitasku dan Jelajah Komunitas . Komunitasku merupakan grup yang  telah kita ikuti sedangkan jelajah komunitas dimana kita ingin mencari grup/komunitas yang kita inginkan. Di dalam Jelajah Komunitas terdapat banyak pilihan sesuai dengan keinginan kita. Setelah kita ikuti komunitas yang kita inginkan. Komunitas tersebut akan berada pada Komunitasku. Seperti contoh dibawah ini saat ingin mencari komunitas kita dapat memilih kategori yang kita inginkan lalu cari dan gabung pada grub yang diinginkan setelah berhasil. komunitas/gup tersebut akan berada pada komunitasku.


Fitur Buat Komunitas dimana fitur ini membantu kita untuk membuat wadah sesuai minat yang kita inginkan bersama orang orang secara luas. Kita dapat memilih kategori sesuai dengan komunitas yang kita inginkan lalu, kita memmberi nama komunitas deskripsi dan lokasinya sesuai dengan gambar dibawah ini.


Fitur Ngetren dimana pada fitur ini mebahas tentang berita yang sedang hangat hangat di bicarakan . di Fitur ngetren terdapat tiga yaitu Postingan ngetren, Pengguna ngetren, dan Tagar ngetren. Seperti contoh dibawah ini .


Fitur Pesan panik, dengan judul seperti itu pasti sudah terbayang apa yang ada didalam fitur tersebut. Didalam fitur tersebut para pengguna dapat mengirim pesan pada saat keadaan darurat. Saya sendiri belum pernah menggunakan , yang jelas fitur ini kita sebarkan ke temen temen  pengguna aplikasi Sebangsa juga.


Fitur Jaga-Jaga  bertujuan sebagai alat pencegahan kejahatan dengan cara mengabari orang-oraang terdekat kita dari posisi kita  setiap saat ketika ingin bepergian dari satu lokasi ke lokasi lain. Pesan Jaga-Jaga membantu memonitor orang-orang terdekat pengguna dari tindak kejahatan dengan memantau titik-titik perjalanannya.


Fitur Informasi Kontak Darurat dimana para pengguna bisa menemukan nomor telepon untuk keadaan genting. Dalam fitur ini terdapat 19 kategori yang dapat dipilih . Misalnya terjadi masalah pada keamanan yaitu pencurian kita dapat menggunakan fitur ini dengan cara memilih karegorinya yaitu polisi disana terdapat banyak pilihan. misalnya kita memilih Polda Bali yang berisi nomer telepon beserta alamatnya. Berikut sesuai dengan gambar dibawah 


Fitur Lokasi ini mengingat kita saat menggunaan aplikasi Path. Fitur lokasi ini menunjukkan lokasi kita saat ini dan memberitahu kepada teman teman terdekat kita. Seperti contoh gambar dibawah ini. Di fitur Lokasi terdapat dua pilihan yaitu Populer dan Terdekat


Kesimpulannya Aplikasi Sebangsa merupakan aplikasi OTT lokal yang patut kita banggakan. Tak hanya sekedar aplikasi yang umum digunakan pada kalangan masyarakat, keunikan pada aplikasi inti terletak pada Informasi Kontak darurat, Jaga-Jaga , Pesan Panik. Fitur fitur tersebut membantu kita dalam menjalankan aktivitas sehari hari. Dianjurkan agar seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan aplikasi Sebangsa tersebut, karena dapat membantu untuk kedepannya.

2. Mindtalk.

Mindtalk merupakan aplikasi OTT lokal Indonesia . Aplikasi Mindtalk merupakan social media dimana sebagai tempat bertemu dimana tempat bertemunya orang-orang yang mempunyai kesamaan minat untuk bertukar pikiran secara digital atau bisa juga mindtalk merupakan social media yang berbentuk channels. Mindtalk merupakan karya asli bangsa Indonesia didirikan Robin Ma'rufi dan Danny Oei Wirianto bulan Maret 2011. Mindtalk berada di bawah naungan PT Merah Putih Incubator (MPInc.).Didalam mindtalk kita dapat memilih  beragam pilihan aktivitas berbagi yang tidak hanya berupa status,pendapat, komentar atau foto dan video, tetapi juga artikel dalam satu channel, pertanyaan. Klasifikasi yang terdapat  Mindtalk sangat bermacam, antara lain selebritas , pendidikan , teknologi , musik , film, toko dan olahraga. Tetapi didalam mindtalk kita dapat banyak mendapatkan informasi yang sangat penting. Berikut akan dijelaskan dalam menjalankan dan menerapkan aplikasi Mindtalk tersebut

Aplikasi Mindtalk dapat didownload melali perangkat mobile berbasis Android maupun IOS. Saat ini saya menjalankan aplikasi tersebut menggukana IOS. Jika sudah ter download kalian dapat memilih jika kalian sudah memiliki akun bisa melakukan 'Login', jika tidak melanjutkan ketahap registrasi. Setelah ketahap tersebut berhasil selanjutnya dapat memilih channels sesuai keingiinan dan kembali memilih channel tersebut dengan 'Join Channels'. berikut sesuai dengan gambar dibawah ini  



Setelah berhasil , akan muncul seperti gambar dibawah ini .Selanjutnya akan dijelaskan satu persatu terhadap Disana terdapat judul yang bernama Stream. Stream merupakan postingan user yang terus berjalan atau update. Di dalam Stream terdapat tipe seperti Ask, Article, Share dan Deal. Gambar dibawah #technology menunujukan tipe yang berbentuk share . 



Whisper merupakan  untuk meninggalkan pesan kepada pengguna lain. Fitur ini mirip dengan email, Anda dapat meninggalkan pesan kepada lebih dari satu user dan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan user yang dituju contoh seperti gambar dibawah ini. Jika kita mengirim pesan kita dapat gunakan ' Create Whisper' lalu akan tampil seperti gambar dikanan tersebut. Sama halnya seperti ingin mengirim pesan melalui email . hanya saja menggunakan istilah yang beda.


Populer merupakan fitur dimana terdapat suatu tagar yang sedang hangat dibicarakan. Disana terdapat empat kategori populer yaitu Popular Channels, Popular Articles, Popular Photos, dan Popular Videos.  Misalnya kita memilih Popular Channel, nanti terdapat pilihan beberapa Popular Channel misalnya #Tentang Indonesia disana terdapat suatu channel yang mengarah pada Travel & Leisure .Berikut dapat dilihat melalui gambar dibawah ini. 



Selanjutnya Dialogue yaitu dimana bertujuan menghubungkan kita terhadap orang orang yang membahas satu pemikiran atau satu pembicaraan. Misalnya kita ingin belum pernah menggunakanya dialogue masih kosong kita dapat memilih orang orang untuk berdialogue.

 

Channel merupakan suatu fitur pokok didalam aplikasi Mindtalk. Channel dipakai sebagai tempat berdiskusi dan saling berbagai yang membahas sesuai dengan tujuan bersama . Di Mindtalk terdapat banyak channel yang dapat kita akses. selain itu di  Channel diisi oleh member hannel dengan hastag di postingan baik postingan biasa, foto, video maupun artikel yang kita post dengan channel yang sesuai. Misalnya seseorang membuat tautan atau artikel dimana di kata-kata berisi dengan hastag #Travelling maka pada saat kita memposting tersebut akan dibaca oleh member yang ada di Channel #Travelling. Sebagai contoh dibawah ini




Notifications terdapat 2 kategori yaitu Notifications dan Pending Notification. Notifications bertujuan untuk memberi kita kabar berita atau peberitahuan yang menyangkut tentang kita sedangkan Pending Notification diaman berupa pemberitahuan yang masih tertunda dimana membutuhkan konfirmasi dari kita. Contoh dari Notifications seseorang telah men supporting you.



Yang terakhir didalam Aplikasi Mindtalk kita dapat membuat artikel atau post berupa text, Photo, dan Video , Dalam menulis suatu text kita dapat memilih Single Post atau Article dan Memilih Channel yang ingin kita tuju. Jadi Aplikasi Mindtalk ini merupakan Social Channel dimana kita dianjurkan atau disediakan suatu wadah-wadah kepada semua orang sesuai dengan minat dan keinginan kita.



3. Catfiz.

Aplikasi Catfiz merupakan  alikasi messenger  buatan anak bangsa yang memudahkan penggunaan untuk berinteraksi sesama pengguna Catfiz di seluruh Indonesia. Aplikasi ini mirip dengan Blackberry Messenger (BBM).  Aplikasi Catfiz adalah messenger yang ringan tapi hebat, dibuat dengan unik berupa gabungan antara instant messanging, interaksi sosial media, streaming multimedia, dan layanan cloud storage. Catfiz sendiri adalah aplikasi pesan instan asli karya anak bangsa di bawah bendera PT Duniacatfish Kreatif Media yang bermarkas di Surabaya.

Sebelumnya sempat menjelaskan tentang penerapan aplikasi Sebangsa dan Mindtalk menggunakan perangkat mobile IOS. Pada aplikasi Catfiz belum tersedianya untuk IOS jadi saya menjelaskan dan menerapkan aplikasi ini menggunakan perangkat mobile Android. Kita dapat mendownload/unduh melalui Play Store. Setelah ter unduh/download , buka aplikasi tersebut dan memulai  dengan menginput nomer telepon untuk melakukan verfikasi. Setelah kita dipandu untuk menjalankan aplikasi Catfiz tersebut. Karena saya telah memilikinya cukup lama jadi tinggal membuka aplikasi Catfiz tersebut.

Di aplikasi Catfiz terdapat Pembaruan dimana berisikan tentang aktifitas kita dan aktifitas teman kita yang telah menjadi pertemanan. Jika ingin menulis post dapat dibuat dengan menekan tombol pojok kanan bawah yang berambar pensil lingkaran biru. Kita dapat menulis status dan di perbarui



Aplikasi Catfiz terdapat Obrolan dimana fungsi nya untuk mengobrol sesama kontak yang telah menjadi teman. Ibaratkan di BBM (blackberry Massager) itu seperti Chat. Dibawah ini contoh obrolal dimana teman saya mengirim stiker, jika ingin mengobrol dapat menekan tandan tambah (+) pada pojok kanan bawah yang berisi lingkaran kanan . terdapat pilihan yaitu Pesan Siaran Baru dimana berfungsi untuk mengirim pesan atau teks kepada semua kontak pertemanan yang ada, buat grup dan selanjutnya kita dapat memilih teman yang ingin mengajak mengobrol sesuai dengan gambar contoh dibawah ini.


Selanjutnya terdapat Grup yang dimana meletakkan suatu grup yang kita ikuti, dan jika kita ingin membuat grup kita dapat membuat dengan menekkan tanda tambah (+) pada pojok kanan bawah sama halnya seperti di Obrolan seperti gambar diatas terdapat Buat Grup Baru.


Pada Teman terdapat nama-nama yang telah menjalin pertemanan melalui Catfiz, kita dapa melihat teman teman yang mengirim permintaan dan grup. Seperti gambar diatas semula pada Grup tidak ada akun grup , setelah sesama pengguna mengundang saya untuk masuk di grup tersebut permintaan akan muncul pada Teman . dan di konfirmasi sehingga saya telah tergabung di menjadi anggota. Pada pojok kanan bawah terdapat gambar perorangan lingkaran biru disana kita dapat me Add Friend yang kita inginkan. Kita dapat menambah teman melalu Qr Code, No.Telp/@ dan Undang . Disana juga terdapat teman yang belum mengonfirmasi pertemanan yang telah terkirim.



Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan aplikasi Catfiz buatan asli dari Indonesia  tidak sesulit dibanyangkan dalam penggunaanya . Jika kita pernah menggunakan BBM (Blackberry Messenger) pasti kita dapat menerapkan aplikasi Catfiz tersebut. Kelengkapan dari fitur fitur Carfiz membuat pengguna mudah untuk terjun dalam menggunakannya.


EmoticonEmoticon