Nama/NIM : I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
Mata Kuliah : Aplikasi Sosial Media (C)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
Jurusan/ Fakultas / Perguruan Tinggi :
Teknologi Informasi / Teknik /Universitas UdayanaOVER THE TOP (OTT)
A. Definisi Over The Top (OTT)
OTT merupakan aplikasi sekaligus layanan yang berjalan pada jaringan komputer khususnya internet dan provider yang terdapat application layar utama dari 5 layer TCP/IP Forouzan yang berkekuatan utama pada konten-konten yang terdiri dari teks, audio, video, dan multimedia.
B. Kategori Over The Top (OTT)
Salah satu kekuatan utama dari OTT adalah konten konten, salah sataunya OTT terdapat 3 kategori yaitu Streaming Video & Audio, Social Media & Social Network, dan Komunikasi (teks, audio, video)
1.Streaming Video & Audio
Pada kategori Streaming Video dan Audio layanan
yang berbasis aplikasi OTT menekankan kepada
jenis layanan streaming file multimedia audio dan video secara online kepada
pengguna. Contoh layanan atau aplikasi yang menerapkan Streaming Video &
Audio seperti Youtube, Metacafe, Myvideo, Hulu
2.Social Media & Social Network
Pada kategori ini menekan para
pengguna untuk menggunakan sosial media dan jejaring sosial. Di dalam Social
Media & Social Network kita dapat berdiskusi berkomunikasi, saling bertukar
informasi. Terdapat tujuh buah subkategori untuk Social Netwok dan Social
Media antara lain Social Connection, Multimedia Sharing, Profesional,
Informational, Educational, Hobbies, Academic.
3. Komunikasi (teks, audio, video)
Pada kategori ini dimana kita di himbau untuk
mengirim teks, audio video secara instan. Adanya aplikasi ini menjadikan
kemudahan dalam berkomunikasi baik dua arah maupun secara massal bukan hanya
dalam bentuk teks namun berkembang menjadi video seiring kemajuan teknologi dan
dukungan internet yang memadai. Contoh aplikasi atau layanan yang berbasis OTT
dari kategori komunikasi seperti Line, WhatApp, Telegram, WeChat, Kakao
C.Bisnis
Didalam perkembang jaman terhadapa kemajuan teknologi dimana aplikasi berbasis OTT( Over The Top) tentu saja membuat para pembisnis menggunakannya untuk memajukan dan mempromosikan usahanya. Macam-Macam penerapan pada bidang bisnis:
Didalam perkembang jaman terhadapa kemajuan teknologi dimana aplikasi berbasis OTT( Over The Top) tentu saja membuat para pembisnis menggunakannya untuk memajukan dan mempromosikan usahanya. Macam-Macam penerapan pada bidang bisnis:
1. Iklan, Adsense
Didalam aplikasi/layanan yang berbasi OTT bisnis
iklan banyak perusahan layanan atau aplikasi yang menggunakan iklan sebagai
media untuk promosi. semua
pihak bisa mengiklankan produk dan potensi daerah secara lebih praktis serta
mengglobal. Apalagi di era modern sekarang, produk dan jasa yang sangat
spesifik dapat diiklankan secara menarik dan murah.
2. Kerja sama dengan Telco/Provider
Kerja
sama dengan Telco/provider melalui aplikasi/layanan yang berbasis OTT memang
OTT senjata jadi untuk operator mempertahankan pelanggan sekaligus merebut dari
pelanggan lain operator lain melalui penawaran melalui yang data tariff yang
miring .Contoh dari provider Kartu Telkomsel, Kartu XL, Kartu
Axis , Kartu 3, Contoh penerapannya seperti
Menggunakan provider Kartu XL, Dalam kita ingin membuka atau menjalankan
aplikasi Social Media & Social Network
contohnya Facebook dalam tampilan awal akan keluar iklan-iklan dari
provider kartu XL tersebut seperti “
Murahnya Menggunakan XL"
3. Kerja sama dengan Perusahaan Lain
Selain
dari provider yang memanfaatkan perkembangan terhadap aplikasi atau layanan
yang berbasis OTT demi mencari nama dan mencari keuntungan banyak perusahaan
lain yang memanfaatkannya juga seperti di Line terdapat Official Account kita
disuruh untuk meng-Add OA tersebut dan menjawab pertanyaan , dari pertanyaan
tersebut jika kita benar kita akan mendapat kan Voucher gratis beli satu gratis
satu dari Dunkin Donuts yang batas penukaran untuk hari tersebut saja. Penerbangan seperti AirAsia memasang iklan di video
kita, iklan tersebut bertujuan untuk memberi tahu kepada para youtuber untuk
promo promo yang sedang AirAsia adakan. Selain memiliki keuntungan dari
perusahaan pengiklan , kita sebagai youtuber dapat juga merasakan keuntungan
dari penghasilan selain menjadi youtube itu sendiri
4. Kerjasama dengan Pemerintah
Didalam perkembanan layanan/aplikasi yang berbasi
OTT tentu saja pemerintah mendorong tumbuhnya OTT lokal .Contoh OTT lokal
seperti Sebangsa sebangsa merupakan Aplikasi OTT lokal asli Indonesia yang dibentuk oleh Enda Nasution dan Indira B. Widjonarko
pada tahun 2014. Merupakan aplikasi yang di dukung oleh pemerintah . Tampilan
dari sebangsa mirip dengan Facebook & Twitter dimana memiliki fitur timeline
juga. Untuk saat ini pengguna dari aplikasi Sebangsa cukup banyak, pemerintah
mendukung dari aplikasi ini berharap .Sebangsa kedepannya memiliki masa depan
cerah dan bermanfaat bagi para penggunannya.
D. OTT dalam jaringan komputer ( 5 layer TCP/IP
Forouzan)
TCP
/ IP merupakan serangkaian lapisan
protokol untuk jaringan dan sistem yang memungkinkan komunikasi antara setiap
jenis perangkat. Model ini terdiri dari lima terpisah namun saling berhubungan lapisan.
1.Aplication Layer
Application Layer merupakan layer
yang berada pada lapisan paling atas dari lima layer pada versi forouzan yang
menyediakan interface antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan
jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim.
Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah web server, mail, FTP, DHCP,
TELNET, DNS, SNMP. Protokol Application Layer
digunakan untuk pertukaran data antara program yang berjalan pada source dan
host tujuan.
2.Transport
Layer
Layer
Transport bertugas melakukan sesi komunikasi antara komputer dalam jaringan.
Menenirukan bagaimana data ditransmisikan. Berfungsi untuk memecah data ke
dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut
sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Dua Protokol
yang dipakai oleh Transport Layer seperti Transmission Control Protocol (TCP)
dan User Datagram Protocol (UDP)
3.Network
layer
Network layer bertujuan memilih jalur terbaik pada jaringan yang dapat dilewati oleh
paket. Protokol utama yang berfungsi pada layer ini adalah Internet Protokol. ). IP
menyediakan layanan pengiriman paket dasar pada jaringan tempat TCP/IP network
dibangun. Seluruh protokol, diatas dan dibawah Internet layer, menggunakan
Internet Protokol untuk mengirimkan data. Semua data TCP/IP mengalir melalui
IP, baik incoming maupun outgoing, dengan mengabaikan tujuan terakhirnya.
![]() |
OTT pada TCP/IP |
4.Data Link Layer
Merupakan
lapisan kedua dibawah pada model TCP/IP. Pada lapisan ini dapat
melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan
menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik. Menyediakan
akses ke media menggunakan alamat MAC Melakukan pendektesian kesalahan bukan
perbaikan. Layer inilah yang mengidentifikasi peralatan pada network
5.Physical
Layer
Merupaka
Lapisan dasar pada TCP/IP berisi
standard- standard untuk menghubungkan komputer kepada media transmisi yang
sesungguhnya. Dalam lapisan ini kita akan mengetahui spesifikasi
mekanikal dan elektrikal daripada media transmisi serta antarmukanya. mendefinisikan
karakteristik yang dibutuhkan hardware untuk membawa sinyal data transmisi, Memindahkan
bit antar alat, Menspeksifikasikan tegangan (volt), kecepatan kabel, dan
susunan pin dalam kabel. Menentukan kebutuhan listrik, mekanis, prosedural dan
fungsional, mempertahankan dan menonaktifkan hubungan fisik antar sistem.
E. Teknologi
1.Mobile
Programming
Era
modern saat ini, smartphone telah berkembang pesat di seluruh dunia. daptasi
masyarakat terhadap smartphone sangat cepat, terutama dengan hadirnya beberapa
Operating System khusus untuk mobile device yang lahir seperti Android, iOS,
Windows Phone, Perkembangan OS tersebut tidak akan lancar apabila tidak ada
dukungan dari aplikasi terhadap masing-masing OS. Oleh karena itu, banyak
sekali developer yang berlomba-lomba membuat aplikasi untuk masing-masing OS. Didalam menyebutkan mobile device
tentu saja tidak lepas dari Mobile Programming, Mobile Programming adalah
pemrograman yang digunakan untuk perangkat mobile . Adapun macam Mobile Programming seperti
: Java 2 Micro Edition (J2ME),
Objective C yang hanya digunakan oleh iOS ,C++ Brew Framework untuk handphone
CDMA, C#.NET untuk Windows Phone, Javafx
mobile untuk Android, PHP, Flash Lite, C++ dalam Symbian Framework
2. Mobile Computing
Mobile Computing merupakan suatu
teknologi dimana bentuknya dari perangkat keras komputer (hardware),
perangkat lunak komputer (software) dan embedded System ( sistem benam) , yang
memungkinkan para pengguna komputer dapat mengakses data beserta informasi di
dalamnya ( proses, insert,
delete, update, view) kapanpun dan dimanapun berbasis internet ataupun
jaringan komputer lainnya dalam bentuk Wireless Network (jaringan komputer
tampa kabel)
Social media di dalam pemanfaatan
Mobile Computing untuk berbagai data, informasi dan konten konten secara cepat
melalui jaringan komputer kepada pengguna komputer di seluruh dunia. Saat ini
semakin banyak layan Social media dan Social Network yang menyediakan platform
mobile untuk kemudahan penggunanya komputer untuk mengakses melalui perangkat
mobile. Di setiap perangkatMobile Computing ini
biasanya telah di lengkapi dengan aplikasi pendukung yang telah terkoneksi
dengan Social Media secara cepat dan mobile . Contohnya Facebook mobile, twitter mobile, plus
mobile
3.Cloud Computing
Keberadaan OTT (Over The Top) juga
tidak dapat dilepaskan dari peranan salah satu teknologi di dalam jaringan
computer yang sedang banyak digunakan dan dikembangkan saat ini yaitu Cloud
Computing. Pada pembahasan ini akan diuraikan peranan dar iCloud Computing di
dalam penyediaan aplikasi berbasis Over The Top (OTT). Dengan ketiga jenis
layanan yang disediakan oleh Cloud Computing (IAAS, PAAS, SAAS) maupun di dalam
media penyimpanan data dan informasi ke dalam database
4.Computer network
Jaringan komputer
(Computer Network) adalah
kumpulan perangkat yang berinteraksi satu
sama lain untuk
menyediakan komunikasi. tujuan
suatu jaringan komputer adalah penyampaian informasi dari suatu tempat yang
disebut sumber ke
tempat lain yang
disebut tujuan, dengan
menggunakan media transmisi dan
perangkat-perangkat serta protokol tertentu
Manfaat dari Computer Network seperti berbagi
sumber daya, Arus informasi menjadi cepat, Media komunikasi, Keamanan data,
Integrasi data, Efisiensi dan penghematan dan manfaat dirasakan oleh masyarakat
umum karena internet merupakan kebutuhan pokok dan gaya hidup bagi masyarakat
umum dari berbagai kalangan.
5. Computer Security
Computer security merupakan suatu keamanan dimana memfokus kepada komputer (server, workstation,
terminal), termasuk didalamnya masalah yang berhubungan dengan operating system. Keamanan pada komputer sangat perlu karena faktor resiko kerugian finansial , resiko kerugian rahasia yang dimana data data pribadi, resiko kerugian image dari perusahaan
E-COMMERCE DAN MOBILE COMMERCE
A. Definisi E-Commerce dan M-Commerce
E-Commerce merupakan suatu kegiatan perdagangan yang memanfaatkan layanan internet baik dari segi pemasaran dan pembayaran melalui transaksi elektronik sedangkan M-Commerce adalah e proses transaksi yang dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile. Mobile Commerce (m-commerce) merupakan subset dari E-Commerce.
B.Teknologi
1. Android/IOS/Windows Phone
Dalam perkembangan eletronik berpengaruh juga terhadap perkembangan perangkat mobile IOS, Android, maupun Windows Phone yang memudahkan kita untuk untuk terjun didunia maya baik sekedar browsing maupun transaksi eletronik
2.Near Field Communication ( NFC )
C. Pengguna
1, Perorangan
Dalam mengguna eletronik smartphone tentu saja kita dapat melakukan transaksi eletronik maupun menggunakan perangkat mobile misalnya seperti promosi yang mengatas namakan usaha sendiri . Contoh penerapan dari pengguna perorangan seperti pengusaha kue mempromosikan usahanya ke jejaring sosial miliknya sendiri. Seorang yang memiliki usaha toko pakaian brand mempromosikan melalui instagram.
2.Corporate
Dalam penggunaan E-Commerce & M-Commerce , Corporate tersebut penggunaanya dan pengelolaannya berdasarkan suatu perusahaan.Contoh dari penerapaan corporate seorang pegawai dari perusahaan besar seperti Mobil Mercedes sering mempromosikan produk mereka di Facebook
E-COMMERCE DAN MOBILE COMMERCE
A. Definisi E-Commerce dan M-Commerce
E-Commerce merupakan suatu kegiatan perdagangan yang memanfaatkan layanan internet baik dari segi pemasaran dan pembayaran melalui transaksi elektronik sedangkan M-Commerce adalah e proses transaksi yang dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile. Mobile Commerce (m-commerce) merupakan subset dari E-Commerce.
B.Teknologi
1. Android/IOS/Windows Phone
Dalam perkembangan eletronik berpengaruh juga terhadap perkembangan perangkat mobile IOS, Android, maupun Windows Phone yang memudahkan kita untuk untuk terjun didunia maya baik sekedar browsing maupun transaksi eletronik
2.Near Field Communication ( NFC )
Di dalam penggunaan Mobile Phone terdapat fitur NFC ( Near Field Communication ) dimana saat fitur ini ada aktifitas manusia sedikit terbantu dengan adanya fitur tersebut. NFC merupakan seperangkat teknologi konektivitas nirksbel berbasis
teknologi Radio Frecuency Identity (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet
untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang
dekat, Bukan hanya e-KTP yang memakai teknologi NFC melainkan VISA dan
Mastercard juga menggunakan teknologi NFC.
3.Cloud Computing
Cloud computing adalah sebuah paradigma komputasi, di mana sistem
yang terhubung dalam jaringan pribadi atau publik, untuk menyediakan
infrastruktur dinamis scalable untuk aplikasi, data dan penyimpanan file.
Dengan munculnya teknologi ini, biaya komputasi, aplikasi hosting, penyimpanan
konten dan pengiriman berkurang secara signifikan
C. Pengguna
1, Perorangan
Dalam mengguna eletronik smartphone tentu saja kita dapat melakukan transaksi eletronik maupun menggunakan perangkat mobile misalnya seperti promosi yang mengatas namakan usaha sendiri . Contoh penerapan dari pengguna perorangan seperti pengusaha kue mempromosikan usahanya ke jejaring sosial miliknya sendiri. Seorang yang memiliki usaha toko pakaian brand mempromosikan melalui instagram.
2.Corporate
Dalam penggunaan E-Commerce & M-Commerce , Corporate tersebut penggunaanya dan pengelolaannya berdasarkan suatu perusahaan.Contoh dari penerapaan corporate seorang pegawai dari perusahaan besar seperti Mobil Mercedes sering mempromosikan produk mereka di Facebook
Referensi :
1. Eka Pratama,I Putu Agus, Komputer dan Masyarkat . Informatika. Bandung .2014
2. SuryaUniv-Pengenalan-Near-Field-Communication.pdf
3. Univtelkom-ott.pdf
4. TCPIP_Part1.pdf
3. Univtelkom-ott.pdf
4. TCPIP_Part1.pdf
EmoticonEmoticon