Minggu, 16 Oktober 2016

TERAPAN BISNIS PADA SOCIAL MEDIA & SOCIAL NETWORK PADA OVER THE TOP (OTT) DAN PADA E-COMMERCE & M-COMMERCE

        Nama/NIM          : I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
        Mata Kuliah         : Aplikasi Sosial Media (C)
        Dosen                   : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
        Jurusan/ Fakultas / Perguruan Tinggi :
        Teknologi Informasi / Teknik /Universitas Udayana

OVER THE TOP (OTT) 

A. Definisi Over The Top (OTT)
OTT merupakan aplikasi sekaligus layanan yang berjalan pada jaringan komputer khususnya internet dan provider yang terdapat application layar utama dari 5 layer TCP/IP Forouzan yang berkekuatan utama pada konten-konten yang terdiri dari teks, audio, video, dan multimedia.

B. Kategori Over The Top (OTT)
Salah satu kekuatan utama dari OTT adalah konten konten, salah sataunya OTT terdapat 3 kategori yaitu Streaming Video & Audio, Social Media & Social Network, dan Komunikasi (teks, audio, video)

1.Streaming Video & Audio
Pada kategori Streaming Video dan Audio layanan yang berbasis aplikasi OTT menekankan  kepada jenis layanan streaming file multimedia audio dan video secara online kepada pengguna. Contoh layanan atau aplikasi yang menerapkan Streaming Video & Audio seperti Youtube, Metacafe, Myvideo, Hulu

2.Social Media & Social Network
Pada kategori ini menekan para pengguna untuk menggunakan sosial media dan jejaring sosial. Di dalam Social Media & Social Network kita dapat berdiskusi berkomunikasi, saling bertukar informasi. Terdapat tujuh buah subkategori untuk Social Netwok dan Social Media antara lain Social Connection, Multimedia Sharing, Profesional, Informational, Educational, Hobbies, Academic.

3. Komunikasi (teks, audio, video)
Pada kategori ini dimana kita di himbau untuk mengirim teks, audio video secara instan. Adanya aplikasi ini menjadikan kemudahan dalam berkomunikasi baik dua arah maupun secara massal bukan hanya dalam bentuk teks namun berkembang menjadi video seiring kemajuan teknologi dan dukungan internet yang memadai. Contoh aplikasi atau layanan yang berbasis OTT dari kategori komunikasi seperti Line, WhatApp, Telegram, WeChat, Kakao

C.Bisnis
Didalam perkembang jaman terhadapa kemajuan teknologi dimana aplikasi berbasis OTT( Over The Top) tentu saja membuat para pembisnis menggunakannya untuk memajukan dan mempromosikan usahanya. Macam-Macam penerapan pada bidang bisnis:

1. Iklan, Adsense
Didalam aplikasi/layanan yang berbasi OTT bisnis iklan banyak perusahan layanan atau aplikasi yang menggunakan iklan sebagai media untuk promosi. semua pihak bisa mengiklankan produk dan potensi daerah secara lebih praktis serta mengglobal. Apalagi di era modern sekarang, produk dan jasa yang sangat spesifik dapat diiklankan secara menarik dan murah.

2. Kerja sama dengan Telco/Provider
Kerja sama dengan Telco/provider melalui aplikasi/layanan yang berbasis OTT memang OTT senjata jadi untuk operator mempertahankan pelanggan sekaligus merebut dari pelanggan lain operator lain melalui penawaran melalui yang data tariff yang miring  .Contoh dari  provider Kartu Telkomsel, Kartu XL, Kartu Axis , Kartu 3, Contoh penerapannya seperti  Menggunakan provider Kartu XL, Dalam kita ingin membuka atau menjalankan aplikasi Social Media & Social Network  contohnya Facebook dalam tampilan awal akan keluar iklan-iklan dari provider kartu XL  tersebut seperti “ Murahnya Menggunakan XL"

3. Kerja sama dengan Perusahaan Lain
Selain dari provider yang memanfaatkan perkembangan terhadap aplikasi atau layanan yang berbasis OTT demi mencari nama dan mencari keuntungan banyak perusahaan lain yang memanfaatkannya juga seperti di Line terdapat Official Account kita disuruh untuk meng-Add OA tersebut dan menjawab pertanyaan , dari pertanyaan tersebut jika kita benar kita akan mendapat kan Voucher gratis beli satu gratis satu dari Dunkin Donuts yang batas penukaran untuk hari tersebut saja. Penerbangan seperti AirAsia memasang iklan di video kita, iklan tersebut bertujuan untuk memberi tahu kepada para youtuber untuk promo promo yang sedang AirAsia adakan. Selain memiliki keuntungan dari perusahaan pengiklan , kita sebagai youtuber dapat juga merasakan keuntungan dari penghasilan selain menjadi youtube itu sendiri

4. Kerjasama dengan Pemerintah
Didalam perkembanan layanan/aplikasi yang berbasi OTT tentu saja pemerintah mendorong tumbuhnya OTT lokal .Contoh OTT lokal seperti Sebangsa sebangsa merupakan Aplikasi OTT lokal asli Indonesia  yang dibentuk oleh  Enda Nasution dan Indira B. Widjonarko pada tahun 2014. Merupakan aplikasi yang di dukung oleh pemerintah . Tampilan dari sebangsa mirip dengan Facebook & Twitter dimana memiliki fitur timeline juga. Untuk saat ini pengguna dari aplikasi Sebangsa cukup banyak, pemerintah mendukung dari aplikasi ini berharap .Sebangsa kedepannya memiliki masa depan cerah dan bermanfaat bagi para penggunannya. 

D. OTT dalam jaringan komputer ( 5 layer TCP/IP Forouzan)
TCP / IP merupakan  serangkaian lapisan protokol untuk jaringan dan sistem yang memungkinkan komunikasi antara setiap jenis perangkat. Model ini terdiri dari lima terpisah namun saling berhubungan lapisan.

1.Aplication Layer
Application Layer merupakan layer yang berada pada lapisan paling atas dari lima layer pada versi forouzan yang menyediakan interface antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah web server, mail, FTP, DHCP, TELNET, DNS, SNMP. Protokol Application Layer digunakan untuk pertukaran data antara program yang berjalan pada source dan host tujuan.

2.Transport Layer
Layer Transport bertugas melakukan sesi komunikasi antara komputer dalam jaringan. Menenirukan bagaimana data ditransmisikan. Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Dua Protokol yang dipakai oleh Transport Layer seperti Transmission Control Protocol (TCP) dan  User Datagram Protocol (UDP) 

3.Network layer
Network layer bertujuan memilih jalur terbaik pada jaringan yang dapat dilewati oleh paket. Protokol utama yang berfungsi pada layer ini adalah Internet Protokol. ). IP menyediakan layanan pengiriman paket dasar pada jaringan tempat TCP/IP network dibangun. Seluruh protokol, diatas dan dibawah Internet layer, menggunakan Internet Protokol untuk mengirimkan data. Semua data TCP/IP mengalir melalui IP, baik incoming maupun outgoing, dengan mengabaikan tujuan terakhirnya.


OTT pada TCP/IP

4.Data Link Layer
Merupakan lapisan kedua dibawah pada model TCP/IP. Pada lapisan ini dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik. Menyediakan akses ke media menggunakan alamat MAC Melakukan pendektesian kesalahan bukan perbaikan. Layer inilah yang mengidentifikasi peralatan pada network

5.Physical Layer
Merupaka Lapisan dasar pada TCP/IP  berisi standard- standard untuk menghubungkan komputer kepada media transmisi yang sesungguhnya. Dalam lapisan ini kita akan mengetahui spesifikasi mekanikal dan elektrikal daripada media transmisi serta antarmukanya. mendefinisikan karakteristik yang dibutuhkan hardware untuk membawa sinyal data transmisi, Memindahkan bit antar alat, Menspeksifikasikan tegangan (volt), kecepatan kabel, dan susunan pin dalam kabel. Menentukan kebutuhan listrik, mekanis, prosedural dan fungsional, mempertahankan dan menonaktifkan hubungan fisik antar sistem.

E. Teknologi

1.Mobile Programming
Era modern saat ini, smartphone telah berkembang pesat di seluruh dunia. daptasi masyarakat terhadap smartphone sangat cepat, terutama dengan hadirnya beberapa Operating System khusus untuk mobile device yang lahir seperti Android, iOS, Windows Phone, Perkembangan OS tersebut tidak akan lancar apabila tidak ada dukungan dari aplikasi terhadap masing-masing OS. Oleh karena itu, banyak sekali developer yang berlomba-lomba membuat aplikasi untuk masing-masing OS. Didalam menyebutkan mobile device tentu saja tidak lepas dari Mobile Programming, Mobile Programming adalah pemrograman yang digunakan untuk perangkat mobile . Adapun macam Mobile Programming seperti : Java 2 Micro Edition (J2ME), Objective C yang hanya digunakan oleh iOS ,C++ Brew Framework untuk handphone CDMA,  C#.NET untuk Windows Phone, Javafx mobile untuk Android, PHP, Flash Lite, C++ dalam Symbian Framework

2. Mobile Computing
Mobile Computing merupakan suatu teknologi dimana bentuknya dari perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak komputer (software) dan embedded System ( sistem benam) , yang memungkinkan para pengguna komputer dapat mengakses data beserta informasi di dalamnya ( proses, insert, delete, update, view) kapanpun dan dimanapun berbasis internet ataupun jaringan komputer lainnya dalam bentuk Wireless Network (jaringan komputer tampa kabel)

Social media di dalam pemanfaatan Mobile Computing untuk berbagai data, informasi dan konten konten secara cepat melalui jaringan komputer kepada pengguna komputer di seluruh dunia. Saat ini semakin banyak layan Social media dan Social Network yang menyediakan platform mobile untuk kemudahan penggunanya komputer untuk mengakses melalui perangkat mobile. Di setiap perangkatMobile Computing ini biasanya telah di lengkapi dengan aplikasi pendukung yang telah terkoneksi dengan Social Media secara cepat dan mobile . Contohnya Facebook mobile, twitter mobile, plus mobile

3.Cloud Computing 
Keberadaan OTT (Over The Top) juga tidak dapat dilepaskan dari peranan salah satu teknologi di dalam jaringan computer yang sedang banyak digunakan dan dikembangkan saat ini yaitu Cloud Computing. Pada pembahasan ini akan diuraikan peranan dar iCloud Computing di dalam penyediaan aplikasi berbasis Over The Top (OTT). Dengan ketiga jenis layanan yang disediakan oleh Cloud Computing (IAAS, PAAS, SAAS) maupun di dalam media penyimpanan data dan informasi ke dalam database

4.Computer network
Jaringan  komputer  (Computer  Network)  adalah  kumpulan  perangkat  yang berinteraksi  satu  sama  lain  untuk  menyediakan  komunikasi. tujuan suatu jaringan komputer adalah penyampaian informasi dari suatu tempat yang disebut  sumber  ke  tempat  lain  yang  disebut  tujuan,  dengan  menggunakan   media transmisi dan perangkat-perangkat serta protokol tertentu

Manfaat dari Computer Network seperti berbagi sumber daya, Arus informasi menjadi cepat, Media komunikasi, Keamanan data, Integrasi data, Efisiensi dan penghematan dan manfaat dirasakan oleh masyarakat umum karena internet merupakan kebutuhan pokok dan gaya hidup bagi masyarakat umum dari berbagai kalangan.

5. Computer Security
Computer security merupakan suatu keamanan  dimana memfokus kepada komputer (server, workstation, terminal), termasuk didalamnya masalah yang berhubungan dengan operating system. Keamanan pada komputer sangat perlu karena faktor resiko kerugian finansial , resiko kerugian rahasia yang dimana data data pribadi, resiko kerugian image dari perusahaan

E-COMMERCE DAN MOBILE COMMERCE

A. Definisi E-Commerce dan M-Commerce
E-Commerce merupakan suatu kegiatan perdagangan yang memanfaatkan layanan internet baik dari segi pemasaran dan pembayaran melalui transaksi elektronik sedangkan M-Commerce adalah e proses transaksi yang dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile. Mobile Commerce (m-commerce) merupakan subset dari E-Commerce.

B.Teknologi 
1. Android/IOS/Windows Phone
Dalam perkembangan eletronik berpengaruh juga terhadap perkembangan perangkat mobile IOS, Android, maupun Windows Phone yang memudahkan kita untuk untuk terjun didunia maya baik sekedar browsing maupun transaksi eletronik 

2.Near Field Communication ( NFC )
Di dalam penggunaan Mobile Phone terdapat fitur NFC ( Near Field Communication ) dimana saat fitur ini ada aktifitas manusia sedikit terbantu dengan adanya fitur tersebut. NFC merupakan seperangkat teknologi konektivitas nirksbel berbasis teknologi Radio Frecuency Identity (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat, Bukan hanya e-KTP yang memakai teknologi NFC melainkan VISA dan Mastercard juga menggunakan teknologi NFC.

3.Cloud Computing
Cloud computing adalah sebuah paradigma komputasi, di mana sistem yang terhubung dalam jaringan pribadi atau publik, untuk menyediakan infrastruktur dinamis scalable untuk aplikasi, data dan penyimpanan file. Dengan munculnya teknologi ini, biaya komputasi, aplikasi hosting, penyimpanan konten dan pengiriman berkurang secara signifikan 

C. Pengguna 

1, Perorangan 
Dalam mengguna eletronik smartphone tentu saja kita dapat melakukan transaksi eletronik maupun menggunakan perangkat mobile misalnya seperti promosi yang mengatas namakan usaha sendiri . Contoh penerapan dari pengguna perorangan seperti pengusaha kue mempromosikan usahanya ke jejaring sosial miliknya sendiri. Seorang yang memiliki usaha toko pakaian brand mempromosikan melalui instagram.

2.Corporate
Dalam penggunaan E-Commerce & M-Commerce , Corporate tersebut penggunaanya dan pengelolaannya berdasarkan suatu perusahaan.Contoh dari penerapaan corporate seorang pegawai dari perusahaan besar seperti Mobil Mercedes sering mempromosikan produk mereka di Facebook




Referensi :
1. Eka Pratama,I Putu Agus, Komputer dan Masyarkat . Informatika. Bandung .2014
2. SuryaUniv-Pengenalan-Near-Field-Communication.pdf
3. Univtelkom-ott.pdf
4. TCPIP_Part1.pdf


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
$-)
(y)
(f)
x-)
(k)
(h)
cheer