Nama/NIM : I
Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
Mata Kuliah :
Pengantar Sistem dan Teknologi Infomasi (A)
Dosen :
I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
Jurusan/ Fakultas / Perguruan Tinggi :
Teknologi Informasi / Teknik /Universitas Udayana
1.1 Pendahuluan
Komputer tidak lepas dari kebutuhan setiap
manusia saat ini . Komputer dapat di program
untuk menyeselesaikan pekerjaan manusia. Manusia menulis program sedangkan komputer menjalakan
program tersebut. Meskipun aplikasi
komersil sudah banyak untuk membantu
pekerjaan manusia, namun program membuat program sendiri untuk kebutuhan
spesifik tetap diperlukan . Program komersil tidak dapat menyelesaikan
persoalan yang bermacam-macam, spesifik, dan kompleks
![]() |
2.1 Bahasa Pemograman
Bahasa buatan yang digunakan untuk mengendalikan
prilaku dari sebuah mesin , biasanya berupa mesin komputer dan digunakan untuk
memberitahu komputer tentang apa yang harus dilakukan . Berikut beberapa yang
termasuk didalam bahasa pemrograman;
2.1.1 Algoritma
Didalama kehidupan sehari hari tentu saja kita
mengalami suatu persoalan hidup tentu saja persoalan tersebut tidak kita
biarkan begitu saja . Bila terdapat persoalan tentu saja kita mencoba untuk
menyelesaikan nya dengan memecahkan masalah . kita katakana langkah-langkah
mengurutkan itu sebagai penyelesaian atau memecahkan masalah (problem solving).
Prosedur yang berisi langkah – langkah penyelesaian persoalan tersebut adalah
algoritma
Algortima adalah urutan langkah-langkah untuk
menyelesaikan suatu persoalan .Contoh algoritma di kehidupan sehari-hari memasak
didalam menulis surat
- Mengambil HP
- Pilih Menu -> Pesan
- Pilih tulis baru
- Ketikkan pesan yang mau dikirimkan
- Setelah selesai, pilih lanjutkan untuk memasukan/memilih no tujuan
- Klik OK untuk mengirim.
2.1.2 Syntax
Syntax mendefinisikan bagaimana suatu kalimat
dibentuk sebagai barisan/urutan dari pemilihan suatu kata dasar. Syntax
mengatur cara mengkombinasikan kata-kata tersebut ke dalam suatu statement
dengan bentuk yang benar sehingga dapat disusun suatu program yang dapat
berjalan dengan benar. Syntax menyediakan bentuk-bentuk notasi untuk
kominikasi antara programmer dan pemroses bahasa pemrograman, sehingga
mempermudah pembuatan suatu program Syntax dari bahasa pemrograman
didefinisikan dengan dua kumpulan aturan, yaitu aturan lexical dan aturan syntactic.
Aturan leksikal menspesifikasikan kumpulan karakter yang terdapat dalam
alfabet dari bahasa dan cara supaya karakter-karakter tersebut dikombinasikan
ke dalam kata-kata yang valid dan dapat diterima. Contoh adalah bahasa Pascal yang tidak
memperhatikan huruf besar dan huruf kecil, sedangkan bahasa C dan Ada
memperhatikan dan membedakan hal tersebut.
2.1.3 Inteprenter Pustaka
Intepreter merupakan perangkat lunak
yang mampu mengeksekusi kode program yang kita buat selanjutnya menerjemahkannya
ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi yang diminta
oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer, sedangkan pustaka
merupakan suatu library standar yang
terdapat pada bahasa pemrograman yang didalamnya terdapat suatu perintah yang
berfungsi untuk mendukung dalam pembuatan suatu program. Contohnya pada program C, C++, dan Java. Didalam membuat program kita perlu memahami Intepreter dan pustaka agar kita dapat membuat program sesuai
dengan keinginan kita.
2.1.4 IDE & OS
IDE (Integrated Development Environment) merupakan program komputer yang digunakan pembuat
suatu program yang akhirnya akan menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua
hal yang dibutuhkan oleh programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu
perangkat lunak, hal tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter),
system help dan kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. didalam menggunakan aplikasi IDE tersebut merupakan dukungan dari OS Komputer yang kita gunakan didalam membuat suatu program .
2.2 Modal Pemrograman
Didalam membut kita harus memperhatikan model yang digunakan. Terdapat 2 model pemrogram yaitu
2.2.1 Struktural
Suatu pemrograman yang disusun terstruktur dengan memperhatikan langkah-langkah secara sistematis, logis, dan
tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Didalam modal pemrograman struktural terdapat fuction dan procedure . Sebagai berikut
- Fuction merupakan modul program yang mengembalikan / memberikan
(return) sebuah nilai yang bertipe sederhana. Tipe data sederhana; interger, real , boolean dan string. Nilai yang diberikan fungsi tergantung
nilai parameter masukannya. Fungsi diakses dengan memanggil namanya (sama
seperti prosedur). Fungsi dapat mengandung parameter formal berjenis parameter
masukan. Fungsi harus dideklarasikan dengan tipenya atau jenis hasilnya.
- Procedure merupakan suatu rutin yang melakukan proses tertentu tanpa adanya pengembalian nilai. Pendefenisian prosedur meliputi : Menuliskan nama prosedur, mendeklarasikan nama-nama konstanta, tipe dan menjabarkan rangkaian aksi yang dilakukan.
Object-oriented programming (OOP) merupakan
paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi
di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan
dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan,
memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Bahasa yang menggunakan oject oriented seperti Java, C++, Delphi, C, Phyton, PHP, Pascal. Berikut akan dijelaskan mengenai Object dan Class
- Class merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Class init digunakan untuk mengidenfikasi tentang karakteristik dari suatu data ataupun fungsi. Class berbeda dengan objek. Class merupakan prototipe yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Sedangkan objek pada sisi yang lain.
- Object membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer. Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek. Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek.
Didalam bahasa pemrograman didalam menjalan atau membuat program tentu saja terdapat berbagai peran utama didalam nya. Peran tersebut membangun agar tercapai nya suatu program atau berhasil menjalankannya. Adapun beberapa peran -peran didalam bahasa pemrograman sebagai berikut .
2.3.1 Jaringan Komputer
Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan
melalui media fisik /
non fisik (wireless) dan
software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut. Pada dasarnya jaringan komputer memiliki peran dalam komunikasi antar data . pada jaringan komputer tentu saja terkoneksi dengan jaringan internet . didalam jaringan internet agar dapat berkomunikasi dengan bahasa pemrograma kita mengenal socket programming. Socket Programming adalah pemrograman yang bertujuan agar
satu program bisa berinteraksi dengan program lainnya dalam satu jaringan,
biasa disebut juga dengan pemrograman jaringan. contohnya seperti C, Java, Phython.
2.3.2 Database
Secara dasar database atau basis data merupakan kumpulan informasi yang disimpan
dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu
program komputer untuk memperoleh informasi data.pemograman adalah
proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang
membangun sebuah program komputer. pemrograman
dahulu berbentuk object-oriented, saat ini pemrograman memakai object database program akan menyimpan objek
dalam database dan memastikan bahwa database yang sama menggunakan jenis sistem
sebagai aplikasi program .Contoh DBC (Java ODBC, Python).
2.3.3 Internet Of Things
Merupakan Sebuah konsep/skenario
dimana suatu objek yang memiliki
kemampuan untuk mentransfer
data melalui jaringan
tanpa memerlukan interaksi
manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Munculnya Internet Of things akibat dari perkembangan infrastruktur internet di mana
bukan hanya smartphone
atau komputer saja
yang dapat terkoneksi
dengan internet. Namun berbagai
macam benda nyata akan terkoneksi dengan internet. Sebagai contohnya dapat berupa
: mesin produksi, mobil, peralatan elektronik, peralatan yang dapat dikenakan
manusia (wearables), dan termasuk benda nyata apa saja yang semuanya tersambung
ke jaringan lokal dan global menggunakan
sensor dan atau aktuator yang tertanam.
2.3.4 Cloud Computing
Komputasi awan (cloud computing) adalah gabungan
pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet
(awan). Cloud computing merupakan layanan jasa teknologi informasi yang
menyediakan perangkat atau infrastruktur melalui koneksi internet untuk
memenuhi kebutuhan pengguna layanan. Penyedian jasa layanan cloud computing seperti goole, microsoft computing dan sales force.
2.3.5 Intelligent Transfortation System
(ITS).
Penerapan teknologi maju di bidang elektronika, komputer dan
telekomunikasi yang dipadu dengan prinsip manajemen strategi untuk meningkatkan
fungsi transportasi secara keseluruhan. Sistem ini mampu memberikan informasi
kepada pemilik barang atau penumpang serta operator angkutan sedemikian
sehingga proses transportasi dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Beberapa contoh aplikasi ITS yang telah terbukti mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi transportasi adalah transit system, vehicle/ fleet management system, emergency and security sytem, electronic payment, traffic management sytem dan lain-lain.
Beberapa contoh aplikasi ITS yang telah terbukti mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi transportasi adalah transit system, vehicle/ fleet management system, emergency and security sytem, electronic payment, traffic management sytem dan lain-lain.
Parallel Computing yaitu penyatuan beberapa komputer
atau server menjadi satu kesatuan sehingga dapat mengerjakan proses secara
bersamaan. Parallel
computing membuat program maupun proses berjalan lebih cepat karena semakin
banyak CPU yang digunakan. Pada dasarnya parallel Computing menggunakan media
jaringan, tapi yang menjadi ciri khususnya adalah bagaimana menyelesaikan
masalah.
2.3.7 Bio Informatika, E-Health
Bioinformatika
merupakan kajian yang memadukan disiplin biologi molekul, matematika dan teknik
informasi (TI). Ilmu ini didefinisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan
analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi molekul. sedangkan E-health adalah e-commerce versi
kesehatan: yaitu pemanfaatan bisnis kesehatan secara elektronik.E-health
adalah kombinasi dari pemanfaataan komunikasi elektronik dan teknologi
informasi pada bidang kesehatan, baik di tempat sendiri (lokal) maupun di
klinik yang jauh, untuk tujuan klinik, pengajaran dan administratif.
2.4 Tips Pemrograman
Di Dalam ingin membuat suatu program kita harus memahami prosedur atau langkah langkah dalam menentukan tindakan dalam mengeksekusi suatu bahasa pemrograman .
2.4.1 Pahami Algoritma
Dasar sebelum ingin membuat suatu program adalah Pahami algoritma. Kita harus mementukan alur spesifik dari program yang ingin kita buat, Apabila dalam penulisan algoritma salah maka untuk ke proses selanjutnya akan tidak benar , oleh karena itu penulis algoritma memiliki peran penting agar program tersebut dapat di eksekusi.
2.4.2 Kuasai Syntaks
Setelah kita paham betul tentang algoritma selanjutnya kita penguasain syntaks sesuai dengan bahasa yang kita gunakan. Kita harus teliti dalam menulis syntak agar tidak terjadi eror dalam eksekusi program
2.4.3 Pahami model pemrograman (struktural/object oriented)
Pahami alur program yang ingin kita buat sebelumnya kita haru memahami model pemrogram secara struktural atau obejct oriented
2.4.4 Berlatih
Kita harus sering berlatih dala memahami algoritma kuasai syntak agar kita dapat membuat program sesaui dengan keinginan kita tampa ada kesalahan atau error sedikitpun
2.4.5 Studi Kasus Sehari-hari
Kita harus menganalisi sebuah algoritma sehari hari setelah itu kita tentu awalnya menggunaaan syntaknya jalan programnya dan akhir programnya bagaimana
2.4.6 Aktif dalam Pengembangan
(project, open source, github)
Jika kita aktif dalam berbagai yang berhubungan dengan bahasa pemrograman , mampu menguasai dalam membuat progarm maka kita dapat memperluas wawasan
kita tentang pemrograman, kita barus iktu serta aktif dalam pengembangan suatu
hal yang berkaitan dengan pemrograman, misalnya dalam hal pengembangan project
sederhana.
2.5 Security
Didalam suatu kebutuhan keamanan itu penting bukan hanya komputer kita yang berbalut dengan keamanan tetapi dalam bahasa pemrograman terdapat keamanan dimana secara umumnya keamaan tersebut berfungsi agar program yang kita buat itu dapat di eksekusi tampa ada erorr.
2.5.1 Kesalahan Algoritma
Pembuatan algoritma merupaka awal dari membuat suatu program apabila kita tidak paham betul menggunakan algoritma ,maka akan terjadi kesalahan yang membuat program tersebut tidak dapat dieksekusi.
2.5.2 Buffer Overflow
Buffer overflow merupakan serangan yang dilakukan
dengan memanfaatkan kelemahan pada program yang dibuat yaitu memiliki celah
untuk dimodifikasi. Serangan buffer overflow sendiri terjadi karena
penyerang melakukan input yang berlebihan pada program yang dijalankan sehingga
program mengalami kelebihan muatan . Buffer overflow mampu terjadi karena adanya celah
kelemahan pada pemrograman terutama pada bahasa pemrograman C dan C++.
2.6 Tingkat Pemrograman
Berdasarkan tingkat bahasa pemrograman dibedakan menjadi dua yaitu ;
2.6.1 Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language )
Untuk Bahasa ini dirancang agar setiap intruksinya langsung dikerjakan oleh komputer, tampa harus melalui penerjemah(translator). bahasa tingkat rendah bersifat primitif, sangat sederhana, dan relatif sulit dipahami oleh manusia, namun hanya dipahami oleh mesin (komputer). Yang termasuk bahasa tingkat rendah yaitu bahasa assembly . Bahasa mesin adalah ssekumpulan kode biner (0 dan 1).
2.6.2 Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)
Bahasa jenis ini membuat program menjadi lebih mudah dipahami atau lebih manusiawi karena secara sintaks dan notasi lebih dekat ke bahasa manusi (bahasa inggris terutama). Bahasa tingkat tinggi tidak langsung dapat dilaksanakan oleh komputer melaikan diterjemah dulu oleh translator atau disebut compiler. Contoh bahasa tingkat tinggi misalnya Pascal, C, C++, Cobol, Basic, Java, dll.
Daftar Pustaka ;
[1] Buku Algoritma dan Pemrograman dalam bahasa pascal, C, dan C++ edisi keenam.
[2] ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2
http://nazaruddin.blog.unigha.ac.id/wp-content/uploads/sites/3/03.-PEMROGRAMAN- MODULAR.pdf
[3] Pengantar Cloud Computing
http://smuet.lecture.ub.ac.id/files/2012/06/E-Book-Pengantar-Cloud-Computing-R1.pdf
[4] STUDI
PENERAPAN INTELLIGENT TRANSPORTATION SYSTEM(ITS)
ejournal.unpatti.ac.id/ppr_iteminfo_lnk.php?id=114
3 komentar
Terimakasih infonya
🙏🏻🙏🏻
sangat bermanfaat
EmoticonEmoticon