Minggu, 09 Oktober 2016

TEKNOLOGI SEBAGAI PELENGKAP PADA SOCIAL MEDIA DAN SOCIAL NETWORK

        Nama/NIM          : I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
        Mata Kuliah         : Aplikasi Sosial Media (C)
        Dosen                   : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
        Jurusan/ Fakultas / Perguruan Tinggi :
        Teknologi Informasi / Teknik /Universitas Udayana


TEKNOLOGI SEBAGAI PELENGKAP PADA SOCIAL MEDIA DAN SOCIAL NETWORK



A.Pendahuluan.
Di dalam kehidupan kita sehari hari, menggunakan teknologi seperti menggunakan Internet , Social Media dan Social Network merupakan hal yang umum bagi masyarkat, karena hampir sebagian masyarakat menggunakan Social Media dan Social Network. Didalam penggunaan Social Media dan Social Network terdapat berbagai macam Teknologi  yang terkandung seperti Komputasi paralel, Pemrograman, Paradigma Jaringan, Database, Pelengkap dan Keamanan (security) . Pada saat ini di dalam artikel ini akan membahas tentang Teknologi Pelengkap. Tentu saja di dalam mejalankan suatu aplikasi atau layanan tentu saja terdapat pelengkap. Berikut beberapa Teknologi Pelengkap pada Social Media dan Social Network .

B. Augmented Reality (AR)
Merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (real time) Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, tidak hanya visual, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Bertujuan  untuk memperkaya  pengalaman penggunanya, membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata.  Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan kegiatan dalam dunia nyata dan membantu pengguna Augmented Reality untuk memudahkan dan menarik dalam mengerjakan sesuatu .

Teknologi Augmentasi Reality didalam Social media dengan fitur-fitur dalam social media dapat diakses dengan lebih interaktif dan memiliki nilai tambah hiburan dan informasi, sebagai nilai tambah dari kekuatan real-time. Terlebih lagi social media saat ini tidak hanya dapat diakses melalui komputer atau laptop saja, tapi juga dapat diakses melalui telepon genggam maupun perangkat mobile.

Salah satu kelebihannya jika kita menggunakan perangkat mobile untuk mengakses social media berbasis teknologi Augmented Reality di dalam menggunakan GPS (Global Positioning System)  kita dapat menemukan keberadaan posisi teman dan dapat mendapatkan infromasi pribadi mengenai teman kita. Keberadaan  Augmented Reality (AR) mampu membuat pengguna social media akan lebih banyak berpatisipasi dengan indra mereka kemudian mengekspresikannya ke dalam bentuk visual sambil tetap mampu mendapatkan banyak informasi sebanyak yang mereka perlukan.


C.Virtual Reality  (VR)
Merupakan pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang dibangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Teknologi ini yang dapat diterapkan di berbagai bidang. Virtual Reality berbanding jauh terhadap Augmented Realty. Pada Augmented Reality cenderung lebih dekat dengan kehidupan nyata tetapi Virtual Reality cenderung lebih dekat dengan dunia virtual. Teknologi ini biasanya dicapai dengan mengenakan headset yang sudah dilengkapi sebuah teknologi canggih untuk menyempurnakan realitas imajiner pada game, hiburan, dan permainan.
Di sisi lain, juga dapat digunakan sebagai peralatan khusus, seperti layar komputer untuk menampilkan lingkungan, pengeras suara untuk menerima informasi pendengaran, pelacak untuk memonitor gerakan kepala. hal-hal virtual yang terasa nyata.Sebagai contoh, trailer mengunjungin objek wisata. Mengunjungin suatu tempat objek wisata masih sulit dilakukan tetapi dapat dimanfaatkan untuk "trailer" dari berbagai tempat wisata .

D.Data Warehouse
Merupakan basis data yang menyimpan data sekarang dan data masa lalu yang berasal dari berbagai sistem operasional dan sumber yang lain yang menjadi perhatian penting bagi manajemen dalam organisasi dan ditujukan untuk keperluan analisis dan pelaporan manajemen dalam rangka pengambilan keputusanData warehouse digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan menganalisa informasi mengenai penjualan harian, bukan untuk melaksanakan pemrosesan transaksi.

Data Warehouse ini digunakan untuk menjalankan suatu perusahan yang sangat besar dan memiliki banyak, data yang banyak dan struktur organisasi yang kompleks. Perusahan memiliki banyak transaksi yang banyak cabang tentu data data tersebut tersebar dilokasi yang berbeda, basisdata (database) yang berbeda dan sistem operasi yang berbeda. Dengan semua itu untuk mengakses ke semua sumber data tersebut datawarehouse sebagai solusinya .

Di data Warehouse terdapat operasi basisdata yaitu OLAP (On-Line Analytical Procesing)yang merupaka suatu bentuk bentuk kesimpulan dengan menggunakan aggregasi sebagai mekanisme utama. Mekanisme berupa analisis dan pengambilan keputusan sedangkan OLTP (On-line Transaction Process)  merupakan proses transaksi di suatu transaksi di suatu proses bisnis seperti penjualan, pemesanan dan pembayaran. Proses yang dilakukan rutin dari hari ke hari . 

Data warehouse dapat dibangun sendiri dengan menggunakan perangkat pengembangan aplikasi ataupun dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang ditujukan untuk menangani hal ini. Contoh perangkat lunak yang digunakan untuk administrasi dan manajemen data warehouse seperti HP Intelligent Warehouse (Hewlett Packard).

Dalam membuat Data Warehouse terdapat beberapa petunjuk seperti sebelum membuat Data Warehouse menentukan fisi dan tujuan dibentuknya, mengidentifikasi data dari basis data operasional dan sumber lain yang diperlukan bagi data warehouse, merancang basidata (database) untuk Data Warehouse, menentukan item item data perusahaan, membangun kebijakan dalam mengarsipkan data lama sehingga ruang penyimpanan tak menjadi terlalu besar dan agar pengambilan keputusan tidak menjadi terlalu lamban, menarik data produksi dan meletakkan kebasis data milik Data Warehouse

OLAP ( On Line Analytical Processing) merupakan suatu jenis pemrosesan yang memanipulasi dan mengalisi suatu data dalam arti besar dari berbagai perspektif. OLAP sering juga disebut sebagai analisis data multidimensi. Multidimensi Data merupakan data yang dapat di modelkan menjadi atribut dimensi dan atribut ukuran. Contoh atribut dimensi seperti nama dan atribut ukuran seperti jumlah.

Secara singkat bisa dijawab bahwa teknologi yang ada di data warehouse dan OLAP dimanfaatkan penuh untuk  melakukan data mining. memadukan teknologi OLAP dengan data mining diharapkan pengguna dapat melakukan  hal-hal yang biasa dilakukan di OLAP seperti drilling/rolling untuk melihat data lebih dalam atau  lebih umum, pivoting, slicing dan dicing. Perangkat lunak dari OLAP adalah PowerPlay (Cognos Software), Express Server (Oracle)

E.Data Mining
Data mining merupakan suatu ilmu yang menyangkut dengan database jadi Data Mining merupakan etraksi informasi atau pola yang penting atau menarik dari data yang ada di Database yang besar dan menghasilkan aturan aturan yang digunakan untuk waktu yang di masa mendatang.  Kehadiran Dta Mning dilatar belakangi dengan problema data explosion yang dialami akhir-akhir ini dimana banyak organisasi telah mengumpulkan data sekian tahun lamanya (data pembelian, data penjualan, data nasabah, data transaksi ) Data mining digunakan untuk menangani transaksi sehari hari yang kebanyakan adalah OLTP (On Line Transaction Processing). Banyaknyaa  pada  aksi kartu kredit dari sebuah bank dalam seharinya dan besarnya ukuran data jika telah berjalan beberapa tahun. Dengan data mining dapat menambang data transaksi kartu kredit untuk melihat pembeli pembeli yang memang potensial untuk membeli produk tertentu

Data Mining
Dari gambar diatas dapat disimpulkan bawah Data Warehouse  digunakan untuk melakukan OLAP , Data Mining digunakan untuk melakukan Information Discovery di tunjukan untuk seorang Data Analyst dan Business Analyst dan Data Mining juga mengambil dari data Warehouse
tetapi aplikasi yang terdapat di Data Mining lebih spesific dan khusus daripada OLAP dikarenakan Database bukan satu satunya bidang yang mempengaruhi Data Mining.


F.Open Data
Open data merupakan data yang bisa digunakan secara bebas, digunakan kembali, dan disebarluaskan kembali oleh semua orang – hanya tergantung pada persyaratan sifat dan keterbagian yang dimiliki. Ada 3 aturan kunci ketika ingin membuka data  (open data ) yaitu Buatlah sederhana, pelibatan sejak awal dan sering , dan Atasi masalah kekhawatiran dan kesalahpahaman yang lazim terjadi.

Didalam Open Data kita dapat melakukannya dengan Online yaitu lewat situ web pribadi , melalui situs pihak ketiga , melalui FTP servers, Dirilis Torrets dan sebagai API. Bagi  suatu lembaga yang keuangannya terbatas, tidaklah efisien menghabiskan berjam-jam di situs social media. Cara paling efisien untuk membuat suara suara masyarakat  terdengar dengan  memanfaatkan forum-forum tersebut untuk menyampaikan pesan bahwa post-post mereka di blog dengan mudah, seperti contohnya Forum forum diskusi Twitter menjadi pilihan untuk menyebarluaskan informasi dengan cepat.Segala  yangbertagar #opendata akan segera dilihat oleh ribuan pengguna twitter. Pada Facebook penggunaan media Facebook memang saat ini banyak pembaca secara umum tetapi komunitas Open Data tidak menaruh perhatian yang luas terhadap media Facebook tersebut.


G.Mobile computing
Perrkembangan teknologi memiliki dampak adanya Mobile Computing sebagai wujud dari perangkat keras komputer (hardware) perangkat lunak komputer (software) dan jaringan komputer. Mobile Computing merupakan suatu teknologi dimana bentuknya dari perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak komputer (software) dan embedded System ( sistem benam) , yang memungkinkan para pengguna komputer dapat mengakses data beserta informasi di dalamnya ( proses, insert, delete, update, view) kapanpun dan dimanapun berbasis internet ataupun jaringan komputer lainnya dalam bentuk Wireless Network (jaringan komputer tampa kabel). Munculnya Mobile Computing merupakan akibat dari perkembangan teknologi komputer. 

Scalable merupakan salah satu sifat dari jaringan komputer yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan meluas mamupun mengecil untuk kalangan tertentu saja. Jaringan komputer yang makin meluas dan berkembang menjadikan mobile computing ikut berkembang dan makin sering digunakan.Di dalam Mobile Computing terdapat delapan elemen utama Mobile Computing  yaitu Program Management, IT Strategy, Process Transformation, Business Strategy, Analytic and Business Intelligence, Social Media, Change Management, dan Enterprise Architecture.

Social media di dalam pemanfaatan Mobile Computing untuk berbagai data, informasi dan konten konten secara cepat melalui jaringan komputer kepada pengguna komputer di seluruh dunia. Saat ini semakin banyak layan Social media dan Social Network yang menyediakan platform mobile untuk kemudahan penggunanya komputer untuk mengakses melalui perangkat mobile. Di setiap perangkat Mobile Computing ini biasanya telah di lengkapi dengan aplikasi pendukung yang telah terkoneksi dengan Social Media secara cepat dan mobile . Contohnya Facebook mobile, twitter mobile, plus mobile

Hubungan dari Social media dan Mobile Computing membentuk suatu layanan dan produk yaitu Mobile Social Computing. Pengguna dari Mobile Social Computing dapat menggunakan layanan dan fasilitas dari berbagi Social media secara mudah dan cepat melalui perangkat mobile ,memanfaatkan mobile computing dan jaringan internet. Di dalam mendukung Mobile Social Computing terdapat teknologi-teknologi yang digunakan pada jaringan internet seperti Cloud Computing, Grid Computing, dan Cluster Computing.


H.Internet of Things
Internet of Things merupakan suatu jaringan yang menghubungkan berbagai objek yang memiliki identitas pengenal serta alamat IP, sehingga dapat saling berkomunkasi dan bertukar informasi mengenai dirinya maupun lingkungan yang diinderanya. Objek-objek dalam IoT dapat menggunakan maupun menghasilkan layanan-layanan dan saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Istilah IoT ( Internet of Things) mulai dikenal tahun 1999 yang saat itu disebutkan pertama kali dalam presentasi oleh kevin Ashton, Cofounder dan exccutive director of the Auto_ID Center di MIT

Semakin berkembang infrastruktur internet semakin maju juga perkembangan yang kita hadapai seperti  bukan hanya smartphone dan komputer saja yang dapat terkoneksi internet tetapi berbagai benda nyata dapat juga terkoneksi internet seperti mesin produksi, mobil,peralatan eletronik . dan perangkat wearables yaitu perangkat yang dikenakan oleh manusia. Contoh dari Wearable yang sudah ada di pasaran seperti Google Glass, Goggle Nest, Nike Fit, dan Samsung Smart Watch.

Manfaat dari Internet of Things ada di dalam kehidupan kita sehari hari ,bahkan kita telah melakukan hanya saja kita kurang menyadarinya. Contoh penerapan dibeberapa bidang seperti Sektor pembangunan,Energi, Rumah tangga, Kesehatan, Industri, Trasnportasi , Perdagangan dan Teknologi Jaringan


I.Wireless Sensor Network
Wireless Sensor Network (WSN) merupakan suatu jaringan    wireless    yang  menggunakan  sensor   untuk memonitor    fisik    atau  kondisi pada suatu lingkungan sekitar,  seperti   suhu,  suara,  getaran,  gelombang elektromagnetik, gerakan, tekanan dan  lain-lain. Pemanfaatan WSN sudah mulai digunakan  dari  kebutuhan  dalam  bidang  mili ter    seperti    pemantauan    pada    saat    perang  di  medan    perang. Tapi  sekarang  WSN sudah  digunakan dalam  bidang  industri dan  penggunaan   untuk  kemudahan  masyarakat sipil,  melingkupi  pengawasan  dan  pengontrol an  proses  dalam  industri,    mesin pengawasan    kesehatan, pemantau  kondisi lingkungan,  aplikasi  untuk  kesehatan, otomatisasi  pada  rumah, dan  pengaturan  pada lalu lintas.

Di dalam Wireless Sensor Network tedapat pengawasan suatu daerah (area monitoring) . Di area monitoring, WSN tersebesar ke daerah secara merata untuk mengamati suatu fenomena tertentu. Seperti WSN digunakan pada saat medan perang. Aplikasi yang lain dari WSN adalah untuk pengawasan lingkungan (environmental  monitoring). Digunakan pada saat jangka waktu pendek untuk mengatasi gejala gejala alam, Penggunaan WSN pada bidang pertanian merupakan bidang yang sedang mengalami peningkatan. Dengan menggunakan jaringan tanpa kabel maka petani terbantu ketika harus melakukan perawatan dan perbaikan kabel pada bidang yang sulit dijangkau.

Karesteristik yang dimiliki oleh Wireless Sensor Network daya yang terbatas yang dapat disimpan dan diolah, kemampuan untuk mengatasi kesalahan node, mobilitas dari node. Topologi jaringan yang dinamis, penyebaran dengan skala besar, dan kemampuan untuk bertahan pada lingkungan yang tidak mudah untuk dijangkau dan di control secara terus menerus 


J.Citra dan Grafika
Di jaman kemajuan teknologi saat ini, mengenal multimedia  merupakan hal yang umum . Situs website di internet di buat semenarik mungkin dengan foto dan video. Citra (image) merupakan istilah lain dari menggambar  salah satu komponen multimedia memegang peranan sangat penting sebagai bentuk informasi visual. Citra memiliki karakteristik dimana tidak memiliki data teks namun kaya dengan informasi. Namun sering sekali Citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi misalnyas seperti, warna kurang tajam, gambar blur. Agar gambar Citra yang mengalami gangguan dapat dengan mudah diinterpretasi melalui manusia atau  mesin , maka citra harus di manipulasi agar mendapatkan kualitas yang baik, agar menjadi baik termasuk pada bidang studi pengelolahan citra ( image prossesing )

Di dalam media komputer terdapat 3 bidang studi yang mengarah terhadap citra seperti, grafika computer (computer graphics), Pengolahan Citra (image processing). Pengenalan Pola (pattern recognition/image interpretation). Grafika Komputer bertujuan menghasilkan citra ( grafik atau picture) dengan primitif-primitif geometri seperti lingkaran  dan garis. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen suatu gambar.Contoh seperti panjang garis, jari-jari lingkaran dan tebal garis warna. Sedangkan Pengelolaan Citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin dalam hal ini di komputer. Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citra lainnya. Jadi, masukannya merupakan citra dan keluarannya juga citra, namun citra keluaran mempunyai kualitas lebih baik daripada citra masukan.




Referensi:
1.  Eka Pratama,I Putu Agus, Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung .2014 (BAB II       Perkembangan Komputer Beserta Perangkat Keras dan Perangkat Lunak )
2.   Data Warehouse .pdf
 (http://dewiar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/530/M9+-+DBMS.pdf )
3.  Apa itu IoT internet of things .pdf
(http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2015/05/apa-itu-iot-internet-of-things.pdf )
4.Virtual reality(SDH) .pdf
(http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Inovasi%20Dalam%20Pendidikan/virtual-reality(SDH).pdf )
5.I Open Data Handbook Documentation
sinergantara.or.id/wp-content/uploads/.../I_Open-Data-Handbook-Documentation.pdf)
6.Citra dan Grafika Komputer
(http://amutiara.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/39981/Bab1_Pengantar+Pengolahan+Citra.pdf)
7.Data Mining
  ( http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4413/yudho-datamining.pdf )
8.Wireless_Sensor_Network.pdf


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
$-)
(y)
(f)
x-)
(k)
(h)
cheer