Nama/NIM :
I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
Mata
Kuliah : Aplikasi
Sosial Media (C)
Dosen :
I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
Jurusan/ Fakultas
/ Perguruan Tinggi :
Teknologi
Informasi / Teknik /Universitas UdayanaTEKNOLOGI SEBAGAI PELENGKAP PADA SOCIAL MEDIA DAN SOCIAL NETWORK
A.Pendahuluan.
Di dalam kehidupan kita sehari hari, menggunakan teknologi seperti menggunakan Internet , Social Media dan Social Network merupakan hal yang umum bagi masyarkat, karena hampir sebagian masyarakat menggunakan Social Media dan Social Network. Didalam penggunaan Social Media dan Social Network terdapat berbagai macam Teknologi yang terkandung seperti Komputasi paralel, Pemrograman, Paradigma Jaringan, Database, Pelengkap dan Keamanan (security) . Pada saat ini di dalam artikel ini akan membahas tentang Teknologi Pelengkap. Tentu saja di dalam mejalankan suatu aplikasi atau layanan tentu saja terdapat pelengkap. Berikut beberapa Teknologi Pelengkap pada Social Media dan Social Network .
B. Augmented
Reality (AR)
Merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya
dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga
dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (real
time) Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, tidak hanya
visual, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Bertujuan untuk memperkaya pengalaman penggunanya, membantu persepsi dan
interaksi penggunanya dengan dunia nyata.
Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna
melaksanakan kegiatan kegiatan dalam dunia nyata dan membantu pengguna Augmented Reality untuk memudahkan dan menarik dalam mengerjakan sesuatu .
Teknologi Augmentasi Reality didalam Social media dengan
fitur-fitur dalam social media dapat diakses dengan lebih interaktif dan
memiliki nilai tambah hiburan dan informasi, sebagai nilai tambah dari kekuatan real-time. Terlebih lagi social media saat ini
tidak hanya dapat diakses melalui komputer atau laptop saja, tapi juga dapat
diakses melalui telepon genggam maupun perangkat mobile.
Salah satu kelebihannya jika kita menggunakan perangkat mobile untuk mengakses social media
berbasis teknologi Augmented Reality di dalam menggunakan GPS (Global Positioning System) kita dapat menemukan keberadaan posisi teman
dan dapat mendapatkan infromasi pribadi mengenai teman kita. Keberadaan Augmented Reality (AR) mampu membuat pengguna social media akan lebih banyak berpatisipasi dengan indra mereka kemudian mengekspresikannya
ke dalam bentuk visual sambil tetap mampu mendapatkan banyak informasi sebanyak
yang mereka perlukan.
C.Virtual
Reality (VR)
Merupakan pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang
dibangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan
tertentu. Teknologi ini yang dapat diterapkan di berbagai bidang. Virtual
Reality berbanding jauh terhadap Augmented Realty. Pada Augmented Reality cenderung lebih dekat dengan kehidupan nyata tetapi Virtual Reality cenderung lebih dekat dengan dunia virtual. Teknologi ini biasanya
dicapai dengan mengenakan headset yang sudah dilengkapi sebuah teknologi
canggih untuk menyempurnakan realitas imajiner pada game, hiburan, dan
permainan.
Di sisi lain, juga dapat digunakan sebagai peralatan
khusus, seperti layar komputer untuk menampilkan lingkungan, pengeras suara
untuk menerima informasi pendengaran, pelacak untuk memonitor gerakan kepala.
hal-hal virtual yang terasa nyata.Sebagai contoh, trailer mengunjungin objek wisata. Mengunjungin suatu tempat objek wisata masih sulit dilakukan tetapi dapat dimanfaatkan untuk "trailer" dari berbagai tempat wisata .
D.Data Warehouse
Merupakan basis data yang menyimpan data sekarang dan data masa lalu yang berasal dari berbagai sistem operasional dan sumber yang lain yang menjadi perhatian penting bagi manajemen dalam organisasi dan ditujukan untuk keperluan analisis dan pelaporan manajemen dalam rangka pengambilan keputusan. Data warehouse digunakan untuk mendukung
pengambilan keputusan yang lebih baik dan menganalisa informasi mengenai penjualan harian, bukan untuk melaksanakan
pemrosesan transaksi.
Data Warehouse ini digunakan untuk menjalankan suatu
perusahan yang sangat besar dan memiliki banyak, data yang banyak dan struktur
organisasi yang kompleks. Perusahan memiliki banyak transaksi yang banyak
cabang tentu data data tersebut tersebar dilokasi yang
berbeda, basisdata (database) yang berbeda dan sistem operasi yang berbeda.
Dengan semua itu untuk mengakses ke semua sumber data tersebut datawarehouse
sebagai solusinya .
Di data Warehouse terdapat operasi basisdata yaitu
OLAP (On-Line Analytical Procesing)yang merupaka suatu bentuk bentuk
kesimpulan dengan menggunakan aggregasi sebagai mekanisme utama. Mekanisme
berupa analisis dan pengambilan keputusan sedangkan OLTP (On-line Transaction
Process) merupakan proses transaksi di
suatu transaksi di suatu proses bisnis seperti penjualan, pemesanan dan
pembayaran. Proses yang dilakukan rutin dari hari ke hari .
Data warehouse dapat dibangun sendiri dengan menggunakan perangkat pengembangan aplikasi ataupun dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang ditujukan untuk menangani hal ini. Contoh perangkat lunak yang digunakan untuk administrasi dan manajemen data warehouse seperti HP Intelligent Warehouse (Hewlett Packard).
Dalam membuat Data Warehouse terdapat beberapa petunjuk seperti sebelum membuat Data Warehouse menentukan fisi dan tujuan dibentuknya, mengidentifikasi data dari basis data operasional dan sumber lain yang diperlukan bagi data warehouse, merancang basidata (database) untuk Data Warehouse, menentukan item item data perusahaan, membangun kebijakan dalam mengarsipkan data lama sehingga ruang penyimpanan tak menjadi terlalu besar dan agar pengambilan keputusan tidak menjadi terlalu lamban, menarik data produksi dan meletakkan kebasis data milik Data Warehouse
OLAP ( On Line Analytical Processing) merupakan suatu jenis pemrosesan yang memanipulasi dan mengalisi suatu data dalam arti besar dari berbagai perspektif. OLAP sering juga disebut sebagai analisis data multidimensi. Multidimensi Data merupakan data yang dapat di modelkan menjadi atribut dimensi dan atribut ukuran. Contoh atribut dimensi seperti nama dan atribut ukuran seperti jumlah.
Data warehouse dapat dibangun sendiri dengan menggunakan perangkat pengembangan aplikasi ataupun dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang ditujukan untuk menangani hal ini. Contoh perangkat lunak yang digunakan untuk administrasi dan manajemen data warehouse seperti HP Intelligent Warehouse (Hewlett Packard).
Dalam membuat Data Warehouse terdapat beberapa petunjuk seperti sebelum membuat Data Warehouse menentukan fisi dan tujuan dibentuknya, mengidentifikasi data dari basis data operasional dan sumber lain yang diperlukan bagi data warehouse, merancang basidata (database) untuk Data Warehouse, menentukan item item data perusahaan, membangun kebijakan dalam mengarsipkan data lama sehingga ruang penyimpanan tak menjadi terlalu besar dan agar pengambilan keputusan tidak menjadi terlalu lamban, menarik data produksi dan meletakkan kebasis data milik Data Warehouse
OLAP ( On Line Analytical Processing) merupakan suatu jenis pemrosesan yang memanipulasi dan mengalisi suatu data dalam arti besar dari berbagai perspektif. OLAP sering juga disebut sebagai analisis data multidimensi. Multidimensi Data merupakan data yang dapat di modelkan menjadi atribut dimensi dan atribut ukuran. Contoh atribut dimensi seperti nama dan atribut ukuran seperti jumlah.
Secara singkat bisa dijawab bahwa teknologi yang ada di data warehouse dan OLAP dimanfaatkan penuh untuk melakukan data mining. memadukan teknologi OLAP dengan data mining diharapkan pengguna dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan di OLAP seperti drilling/rolling untuk melihat data lebih dalam atau lebih umum, pivoting, slicing dan dicing. Perangkat lunak dari OLAP adalah PowerPlay (Cognos Software), Express Server (Oracle)
E.Data
Mining
Data mining merupakan suatu ilmu yang menyangkut
dengan database jadi Data Mining merupakan etraksi informasi atau pola yang
penting atau menarik dari data yang ada di Database yang besar dan menghasilkan aturan aturan yang digunakan untuk waktu yang di masa mendatang. Kehadiran Dta Mning dilatar belakangi dengan problema data explosion yang dialami
akhir-akhir ini dimana banyak organisasi telah mengumpulkan data sekian tahun
lamanya (data pembelian, data penjualan, data nasabah, data transaksi )
Data mining digunakan untuk menangani transaksi sehari hari yang kebanyakan
adalah OLTP (On Line Transaction Processing). Banyaknyaa pada aksi kartu
kredit dari sebuah bank dalam seharinya dan besarnya ukuran data jika telah
berjalan beberapa tahun. Dengan data mining dapat menambang data transaksi
kartu kredit untuk melihat pembeli pembeli yang memang potensial untuk membeli
produk tertentu
![]() |
Data Mining |
tetapi aplikasi yang terdapat di Data Mining lebih spesific dan khusus daripada OLAP dikarenakan Database bukan satu satunya bidang yang mempengaruhi Data Mining.
F.Open
Data
Open data merupakan data yang bisa digunakan secara bebas,
digunakan kembali, dan disebarluaskan kembali oleh semua orang – hanya
tergantung pada persyaratan sifat dan keterbagian yang dimiliki. Ada 3 aturan
kunci ketika ingin membuka data (open data ) yaitu Buatlah sederhana, pelibatan
sejak awal dan sering , dan Atasi masalah kekhawatiran dan kesalahpahaman yang
lazim terjadi.
Didalam Open Data kita dapat melakukannya dengan
Online yaitu lewat situ web pribadi , melalui situs pihak ketiga , melalui FTP
servers, Dirilis Torrets dan sebagai API. Bagi
suatu lembaga yang keuangannya terbatas, tidaklah efisien menghabiskan
berjam-jam di situs social media. Cara paling efisien untuk membuat suara suara
masyarakat terdengar dengan memanfaatkan forum-forum tersebut untuk
menyampaikan pesan bahwa post-post mereka di blog dengan mudah, seperti
contohnya Forum forum diskusi Twitter menjadi pilihan untuk menyebarluaskan
informasi dengan cepat.Segala
yangbertagar #opendata akan segera dilihat oleh ribuan pengguna twitter. Pada Facebook penggunaan media Facebook memang saat ini banyak pembaca secara umum tetapi komunitas Open Data tidak menaruh perhatian yang luas terhadap media Facebook tersebut.
G.Mobile
computing
Perrkembangan teknologi memiliki dampak adanya Mobile Computing sebagai wujud dari perangkat keras komputer (hardware) perangkat lunak komputer (software) dan jaringan komputer. Mobile Computing merupakan suatu teknologi dimana bentuknya dari perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak komputer (software) dan embedded System ( sistem benam) , yang memungkinkan para pengguna komputer dapat mengakses data beserta informasi di dalamnya ( proses, insert, delete, update, view) kapanpun dan dimanapun berbasis internet ataupun jaringan komputer lainnya dalam bentuk Wireless Network (jaringan komputer tampa kabel). Munculnya Mobile Computing merupakan akibat dari perkembangan teknologi komputer.
Perrkembangan teknologi memiliki dampak adanya Mobile Computing sebagai wujud dari perangkat keras komputer (hardware) perangkat lunak komputer (software) dan jaringan komputer. Mobile Computing merupakan suatu teknologi dimana bentuknya dari perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak komputer (software) dan embedded System ( sistem benam) , yang memungkinkan para pengguna komputer dapat mengakses data beserta informasi di dalamnya ( proses, insert, delete, update, view) kapanpun dan dimanapun berbasis internet ataupun jaringan komputer lainnya dalam bentuk Wireless Network (jaringan komputer tampa kabel). Munculnya Mobile Computing merupakan akibat dari perkembangan teknologi komputer.
Scalable merupakan salah satu sifat dari jaringan
komputer yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan meluas mamupun mengecil untuk
kalangan tertentu saja. Jaringan komputer yang makin meluas dan berkembang
menjadikan mobile computing ikut berkembang dan makin sering digunakan.Di dalam
Mobile Computing terdapat delapan elemen utama Mobile Computing yaitu Program Management, IT Strategy,
Process Transformation, Business Strategy, Analytic and Business Intelligence,
Social Media, Change Management, dan Enterprise Architecture.
Social media di dalam pemanfaatan Mobile Computing
untuk berbagai data, informasi dan konten konten secara cepat melalui jaringan
komputer kepada pengguna komputer di seluruh dunia. Saat ini semakin banyak
layan Social media dan Social Network yang menyediakan platform mobile untuk
kemudahan penggunanya komputer untuk mengakses melalui perangkat mobile. Di setiap perangkat Mobile Computing ini biasanya telah di lengkapi dengan aplikasi pendukung yang telah terkoneksi dengan Social Media secara cepat dan mobile . Contohnya Facebook mobile, twitter mobile, plus mobile
Hubungan dari Social media dan Mobile Computing
membentuk suatu layanan dan produk yaitu Mobile Social Computing. Pengguna dari
Mobile Social Computing dapat menggunakan layanan dan fasilitas dari berbagi
Social media secara mudah dan cepat melalui perangkat mobile ,memanfaatkan
mobile computing dan jaringan internet. Di dalam mendukung Mobile Social Computing terdapat teknologi-teknologi yang digunakan pada jaringan internet seperti Cloud Computing, Grid Computing, dan Cluster Computing.
H.Internet
of Things
Internet of Things merupakan suatu jaringan yang menghubungkan berbagai
objek yang memiliki identitas pengenal serta alamat IP, sehingga dapat saling
berkomunkasi dan bertukar informasi mengenai dirinya maupun lingkungan yang
diinderanya. Objek-objek dalam IoT dapat menggunakan maupun menghasilkan
layanan-layanan dan saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Istilah
IoT ( Internet of Things) mulai dikenal tahun 1999 yang saat itu disebutkan
pertama kali dalam presentasi oleh kevin Ashton, Cofounder dan exccutive
director of the Auto_ID Center di MIT
Semakin berkembang infrastruktur internet semakin
maju juga perkembangan yang kita hadapai seperti bukan hanya smartphone dan komputer saja yang
dapat terkoneksi internet tetapi berbagai benda nyata dapat juga terkoneksi
internet seperti mesin produksi, mobil,peralatan eletronik . dan perangkat
wearables yaitu perangkat yang dikenakan oleh manusia. Contoh dari Wearable
yang sudah ada di pasaran seperti Google Glass, Goggle Nest, Nike Fit, dan
Samsung Smart Watch.
Manfaat dari Internet of Things ada di dalam
kehidupan kita sehari hari ,bahkan kita telah melakukan hanya saja kita kurang
menyadarinya. Contoh penerapan dibeberapa bidang seperti Sektor
pembangunan,Energi, Rumah tangga, Kesehatan, Industri, Trasnportasi , Perdagangan
dan Teknologi Jaringan
I.Wireless Sensor Network
Wireless Sensor Network (WSN) merupakan suatu jaringan wireless yang menggunakan
sensor untuk memonitor fisik
atau kondisi pada suatu lingkungan sekitar, seperti suhu,
suara, getaran, gelombang elektromagnetik, gerakan, tekanan dan lain-lain. Pemanfaatan WSN sudah mulai digunakan dari kebutuhan
dalam bidang mili ter
seperti pemantauan pada
saat perang di
medan perang. Tapi sekarang
WSN sudah digunakan dalam bidang
industri dan penggunaan untuk
kemudahan masyarakat sipil, melingkupi
pengawasan dan pengontrol an
proses dalam industri,
mesin pengawasan kesehatan,
pemantau kondisi lingkungan, aplikasi
untuk kesehatan, otomatisasi pada
rumah, dan pengaturan pada lalu lintas.
Di dalam Wireless Sensor Network tedapat pengawasan suatu daerah (area monitoring) . Di area monitoring, WSN tersebesar ke daerah secara merata untuk mengamati suatu fenomena tertentu. Seperti WSN digunakan pada saat medan perang. Aplikasi yang lain dari WSN adalah untuk pengawasan lingkungan (environmental monitoring). Digunakan pada saat jangka waktu pendek untuk mengatasi gejala gejala alam, Penggunaan WSN pada bidang pertanian merupakan bidang yang sedang mengalami peningkatan. Dengan menggunakan jaringan tanpa kabel maka petani terbantu ketika harus melakukan perawatan dan perbaikan kabel pada bidang yang sulit dijangkau.
Di dalam Wireless Sensor Network tedapat pengawasan suatu daerah (area monitoring) . Di area monitoring, WSN tersebesar ke daerah secara merata untuk mengamati suatu fenomena tertentu. Seperti WSN digunakan pada saat medan perang. Aplikasi yang lain dari WSN adalah untuk pengawasan lingkungan (environmental monitoring). Digunakan pada saat jangka waktu pendek untuk mengatasi gejala gejala alam, Penggunaan WSN pada bidang pertanian merupakan bidang yang sedang mengalami peningkatan. Dengan menggunakan jaringan tanpa kabel maka petani terbantu ketika harus melakukan perawatan dan perbaikan kabel pada bidang yang sulit dijangkau.
Karesteristik yang dimiliki oleh Wireless Sensor Network daya yang terbatas
yang dapat disimpan dan diolah, kemampuan untuk mengatasi kesalahan node,
mobilitas dari node. Topologi jaringan yang dinamis, penyebaran dengan skala
besar, dan kemampuan untuk bertahan pada lingkungan yang tidak mudah untuk
dijangkau dan di control secara terus menerus
J.Citra dan Grafika
Di jaman kemajuan teknologi saat ini, mengenal multimedia
merupakan hal yang umum . Situs website
di internet di buat semenarik mungkin dengan foto dan video. Citra (image)
merupakan istilah lain dari menggambar salah
satu komponen multimedia memegang peranan sangat penting sebagai bentuk
informasi visual. Citra memiliki karakteristik dimana tidak memiliki data teks
namun kaya dengan informasi. Namun sering sekali Citra yang kita miliki
mengalami penurunan mutu (degradasi misalnyas seperti, warna kurang tajam,
gambar blur. Agar gambar Citra yang mengalami gangguan dapat dengan mudah
diinterpretasi melalui manusia atau mesin , maka citra harus di manipulasi agar mendapatkan
kualitas yang baik, agar menjadi baik termasuk pada bidang studi pengelolahan
citra ( image prossesing )
Di dalam
media komputer terdapat 3 bidang studi yang mengarah terhadap citra seperti,
grafika computer (computer graphics), Pengolahan Citra (image processing). Pengenalan
Pola (pattern recognition/image interpretation). Grafika Komputer bertujuan menghasilkan
citra ( grafik atau picture) dengan primitif-primitif geometri seperti
lingkaran dan garis. Primitif-primitif
geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen suatu gambar.Contoh
seperti panjang garis, jari-jari lingkaran dan tebal garis warna. Sedangkan Pengelolaan
Citra bertujuan memperbaiki kualitas
citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin dalam hal ini di
komputer. Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citra
lainnya. Jadi, masukannya merupakan citra dan keluarannya juga citra, namun citra
keluaran mempunyai kualitas lebih baik daripada citra masukan.
Referensi:
1. Eka Pratama,I Putu Agus, Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung .2014 (BAB II Perkembangan Komputer Beserta Perangkat Keras dan Perangkat Lunak )
2. Data Warehouse .pdf
(http://dewiar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/530/M9+-+DBMS.pdf )
3. Apa itu IoT internet of things .pdf
(http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2015/05/apa-itu-iot-internet-of-things.pdf )
4.Virtual reality(SDH) .pdf
(http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Inovasi%20Dalam%20Pendidikan/virtual-reality(SDH).pdf )
5.I Open Data Handbook Documentation
( sinergantara.or.id/wp-content/uploads/.../I_Open-Data-Handbook-Documentation.pdf)
6.Citra dan Grafika Komputer
(http://amutiara.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/39981/Bab1_Pengantar+Pengolahan+Citra.pdf)
7.Data Mining
( http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4413/yudho-datamining.pdf )
8.Wireless_Sensor_Network.pdf
1. Eka Pratama,I Putu Agus, Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung .2014 (BAB II Perkembangan Komputer Beserta Perangkat Keras dan Perangkat Lunak )
2. Data Warehouse .pdf
(http://dewiar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/530/M9+-+DBMS.pdf )
3. Apa itu IoT internet of things .pdf
(http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2015/05/apa-itu-iot-internet-of-things.pdf )
4.Virtual reality(SDH) .pdf
(http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Inovasi%20Dalam%20Pendidikan/virtual-reality(SDH).pdf )
5.I Open Data Handbook Documentation
( sinergantara.or.id/wp-content/uploads/.../I_Open-Data-Handbook-Documentation.pdf)
6.Citra dan Grafika Komputer
(http://amutiara.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/39981/Bab1_Pengantar+Pengolahan+Citra.pdf)
7.Data Mining
( http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4413/yudho-datamining.pdf )
8.Wireless_Sensor_Network.pdf
EmoticonEmoticon