Nama/NIM :
I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
Mata
Kuliah : Aplikasi
Sosial Media (C)
Dosen :
I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
Jurusan/ Fakultas
/ Perguruan Tinggi :
Teknologi
Informasi / Teknik /Universitas Udayana
REVIEW 3 PRODUK KARYA ANAK BANGSA
OTT ( OVER THE TOP )
1.1 Pendahuluan
Di jaman saat ini , komputer dan internet merupakan
bagian dari kehidupan kita. Hampir sebagian orang menggunakan internet
khususnya dalam menggunakan social media dan social network. Social Media merupakan suatu pemanfaatan aplikasi dalam bentuk web dan teknologi mobile yang menciptakan suatu komunikasi sedangkan social network adalah suatu jaringan yang terbentuk oleh adanya komunikasi antara pengguna social media di internet .Dengan kemudahan mengakses jejaring
internet membuat terjadinya proses sosialisasi dan komunitas terhadap sesama pengguna . Suatu komunkasi tersebut terdapat pada social media dan social
network . Penggunaan internet di Indonesia khususnya dalam menggunakan social
media dan social network tak terhingga. Tentu saja dalam penggunaan sehari hari
terdapat manfaatnya dan penerapannya sebagai berikut
Di Indonesia dalam menerapkan social media dan social network terdapat 4 buah penerapan yaitu ;
1. Social Media dan Social Network di Bidang Bisnis
2. Social Media dan Social Network di Bidang Pemerintahan
3.Social Media dan Social Network di Bidang Pendidikan
4. Social Media dan Social Network di Bidang Profesi
Dalam penerapan tersebut didasari oleh OTT( Over The Top) yang merupakan suatu layanan dimana penyampain informasi, multimedia dan data berupa bentuk aplikasi dan layanan aplikasi yang melalui sambungan internet. Di Indonesi terdapat OTT karya anak bangsa yang berkaitan pada 4 penerapan diatas seperti :
Di Indonesia dalam menerapkan social media dan social network terdapat 4 buah penerapan yaitu ;
1. Social Media dan Social Network di Bidang Bisnis
2. Social Media dan Social Network di Bidang Pemerintahan
3.Social Media dan Social Network di Bidang Pendidikan
4. Social Media dan Social Network di Bidang Profesi
Dalam penerapan tersebut didasari oleh OTT( Over The Top) yang merupakan suatu layanan dimana penyampain informasi, multimedia dan data berupa bentuk aplikasi dan layanan aplikasi yang melalui sambungan internet. Di Indonesi terdapat OTT karya anak bangsa yang berkaitan pada 4 penerapan diatas seperti :
1.2 Social Media & Social Network pada bidang Bisnis
Dalam penggunaan social media & social network
tentu saja banyak orang menggunakan dalam bidang kehidupan manusia, dengan
traksaksi jual beli ,transaksi antara masyarakat . contoh aplikasi penerapan
dalam dibidang bisnis yaitu ;
a. Kaskus
Kaskus merupakan suatu aplikasi dimana terdapat
forum diskusi dan jual beli yang terdapat di Indonesia Merupakan OTT (Over The Top) karya anak bangsa. .Kaskus merupakan salah
satu dari banyak aplikasi yang terus berinovasi mengikuti jaman. Banyak orang
menggunakan kaskus dikarenakan di dalam kaskus kita dapat menemukan segala hal
yang dibutuhkan dalam mencari
informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga jual beli
segala jenis barang dan jasa dengan harga terbaik.Kaskus merupakan aplikasi
yang didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda dimana mereka
melanjutkan studinya di seattle Amerika Serikat yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi. Saat ini Kaskus berada di naungan PT. Darta Media Indonesia.


Di dalam Kaskus terdapat Forum,
News, FJB . Forum merupakan diskusi Kaskus yang memberitakan informasi segala hal yang tidak bisa ditemukan di
portal-portal berita lain. News merupakan fitur baru dimana berisi berita
terpopuler ( top threads ) tentang berita dan politik sedangkan FJB (Forum Jual
Beli ) tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk . Kaskus
termasuk OTT karena didalamnya terdapat bidang informasi berbentuk aplikasi
dalam messaging , jejaring sosial dan memanfaatkan internet.
Didalam memilih aplikasi ,orang- orang banyak menggunakan Kaskus dalam FJB dikarena kan terbukti sebagai tempat paling lengkap untuk
menemukan segala macam produk & jasa yang selalu up to date .
1.3 Social Media & Social
Network di Bidang Pemerintahan
Kehidupan bermasyarakat akan berjalan baik apabila
dalam suatu pemerintahan dijalankan dengan sebaikbaiknya . Di bidang
pemerintahan melibat suatu elemen masyarakat secara langsung maupun tidak
langsung.Berikut contoh social media dan social network yang menerapkan
dibidang pemerintahan
a. Sebangsa
a. Sebangsa
Sebangsa merupakan layanan media social yang
merupakan asli dari Indonesia. Sebangsa merupakan aplikasi yang mengarah
menjadi media layanan publik Indonesia. Di kembangkan oleh PT. Sebangsa
Pertama. Sebangsa merupakan salah satu OTT(Over The Top) local yang di dukung
oleh pemerintah dan ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh
Indonesia). Sebangsa yang memiliki logo bergambar alat musik angklung ini
dibentuk oleh Enda Nasution dan Indira B. Widjonarko pada tahun 2014.

1.4 Social Media & Social Network pada Bidang Pendidikan
Pemanfaatan komputer lebih banyak ditujunkan untuk kegiatan pembelajaran secara digital dan jarak jauh khususnya dalam menggunakan social media dan social network. Di bidang pendidikan social media dan social network banyak di implementasikan di sekolah maupun di perguruan tinggi .Penggunaan social media dan social network dituntun dalam membantu proses pembelajaran dan memudahkan dalam mencapai informasi yang terkait. Contoh aplikasi pada bidang pendidikan adalah
a. Mindtalk
Mindtalk merupakan merupakan social media dimana tempat bertemunya orang-orang yang mempunyai kesamaan minat untuk bertukar pikiran secara digital atau bisa juga mindtalk merupakan social media yang berbentuk channels. Mindtalk merupakan karya asli bangsa Indonesia didirikan Robin Ma'rufi dan Danny Oei Wirianto bulan Maret 2011. Mindtalk berada di bawah naungan PT Merah Putih Incubator (MPInc.).Didalam mindtalk kita dapat memilih beragam pilihan aktivitas berbagi yang tidak hanya berupa status,pendapat, komentar atau foto dan video, tetapi juga artikel dalam satu channel, pertanyaan. Klasifikasi yang terdapat Mindtalk sangat bermacam, antara lain selebritas , pendidikan , teknologi , musik , film, toko dan olahraga. Tetapi didalam mindtalk kita dapat banyak mendapatkan informasi yang sangat penting.
Mindtalk menyediakan ruang sendiri dalam ketertarikan minat bagi para penggunanya dalam bentuk channel, selain itu Mindtalk mengadopsi sistem real time stream sehingga memungkinkan penggunanya untuk memposting secara cepat.Secara garis besar Mindtalk termasuk di bidang pendidikan karena di dalam Mindtalk menyajikan berbagai informasi dan di dalam pendirianya Mindtalk mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi yang berprestasi science dan tech, game, books and literature, sport, music, automotive, advertising and marketing, fashion, art and creative, photography, education, dan movie sesuai yang terdapat di beberapa channels unggulannya. Selain di bidang pendidikan, Mindtalk termasuk di bidang bisnis karena didalam Mindtalk terdapat akses jual-beli.
EmoticonEmoticon