Minggu, 25 September 2016

REVIEW 3 PRODUK KARYA ANAK BANGSA OTT (OVER THE TOP)

        Nama/NIM          : I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
        Mata Kuliah         : Aplikasi Sosial Media (C)
        Dosen                   : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
        Jurusan/ Fakultas / Perguruan Tinggi :
        Teknologi Informasi / Teknik /Universitas Udayana


REVIEW 3 PRODUK KARYA ANAK BANGSA OTT ( OVER THE TOP )

1.1 Pendahuluan 

Di jaman saat ini , komputer dan internet merupakan bagian dari kehidupan kita. Hampir sebagian orang menggunakan internet khususnya dalam menggunakan social media dan social network. Social Media merupakan suatu pemanfaatan aplikasi dalam bentuk web dan teknologi mobile yang menciptakan suatu komunikasi sedangkan social network adalah suatu jaringan yang terbentuk oleh adanya komunikasi antara pengguna social media di internet .Dengan kemudahan mengakses jejaring internet membuat terjadinya proses sosialisasi dan komunitas terhadap sesama pengguna . Suatu komunkasi tersebut terdapat pada social media dan social network . Penggunaan internet di Indonesia khususnya dalam menggunakan social media dan social network tak terhingga. Tentu saja dalam penggunaan sehari hari terdapat manfaatnya dan penerapannya sebagai berikut

Di Indonesia dalam  menerapkan social media dan social network terdapat 4 buah penerapan yaitu ;
1. Social Media dan Social Network di Bidang Bisnis
2. Social Media dan Social Network di Bidang Pemerintahan
3.Social Media dan Social Network di Bidang Pendidikan
4. Social Media dan Social Network di Bidang Profesi

Dalam penerapan tersebut didasari oleh OTT( Over The Top) yang merupakan suatu layanan dimana penyampain informasi, multimedia dan  data berupa bentuk aplikasi dan layanan aplikasi yang melalui sambungan internet. Di Indonesi terdapat OTT karya anak bangsa yang berkaitan pada 4 penerapan diatas seperti :


1.2 Social Media & Social Network pada bidang Bisnis

Dalam penggunaan social media & social network tentu saja banyak orang menggunakan dalam bidang kehidupan manusia, dengan traksaksi jual beli ,transaksi antara masyarakat . contoh aplikasi penerapan dalam dibidang bisnis yaitu ;

a. Kaskus
Kaskus merupakan suatu aplikasi dimana terdapat forum diskusi dan jual beli yang terdapat di Indonesia Merupakan OTT (Over The Top) karya anak bangsa. .Kaskus merupakan salah satu dari banyak aplikasi yang terus berinovasi mengikuti jaman. Banyak orang menggunakan kaskus dikarenakan di dalam kaskus kita dapat menemukan segala hal yang dibutuhkan dalam mencari informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga jual beli segala jenis barang dan jasa dengan harga terbaik.Kaskus merupakan aplikasi yang didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda dimana mereka melanjutkan studinya di seattle Amerika Serikat yaitu  Andrew Darwis, Ronald, dan Budi. Saat ini Kaskus berada di naungan PT. Darta Media Indonesia. 


           



Di dalam Kaskus terdapat Forum, News, FJB . Forum merupakan  diskusi Kaskus yang memberitakan informasi segala hal yang tidak bisa ditemukan di portal-portal berita lain. News merupakan fitur baru dimana berisi berita terpopuler ( top threads ) tentang berita dan politik sedangkan FJB (Forum Jual Beli ) tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk . Kaskus termasuk OTT karena didalamnya terdapat bidang informasi berbentuk aplikasi dalam messaging , jejaring sosial dan memanfaatkan internet. 




Didalam memilih aplikasi ,orang- orang banyak menggunakan Kaskus dalam   FJB dikarena kan terbukti sebagai tempat paling lengkap untuk menemukan segala macam produk & jasa yang selalu up to date .



1.3 Social Media & Social Network di Bidang Pemerintahan


Kehidupan bermasyarakat akan berjalan baik apabila dalam suatu pemerintahan dijalankan dengan sebaikbaiknya . Di bidang pemerintahan melibat suatu elemen masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.Berikut contoh social media dan social network yang menerapkan dibidang pemerintahan 

a. Sebangsa 
Sebangsa merupakan layanan media social yang merupakan asli dari Indonesia. Sebangsa merupakan aplikasi yang mengarah menjadi media layanan publik Indonesia. Di kembangkan oleh PT. Sebangsa Pertama. Sebangsa merupakan salah satu OTT(Over The Top) local yang di dukung oleh pemerintah dan ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia).  Sebangsa yang memiliki logo bergambar alat musik angklung ini dibentuk oleh Enda Nasution dan Indira B. Widjonarko pada tahun 2014.





Dalam menjalankan aplikasi Sebangsa, kita dapat memilih artikel dan komunitas yang ada sesuai dengan keinginan kita. Tampilan dari sebangsa mirip dengan aplikasi Facebook dan Twitter dimana berisi  linimasa atau timeline dengan berbagai konten multimedia. Sedangkan layanan Japri untuk melakukan obrolan secara langsung dengan teman.  Fitur Komunitas ini banyak dimanfaatkan oleh komunitas untuk saling bertukar pikiran dan berbagi informasi. Fitur Pesan Panik dan Kirim Jaga-jaga yang masing-masing berguna untuk mengirim pesan darurat kepada lima orang terdekat dan memonitor orang-orang tertentu menggunakan aktivasi GPS. Fitur Informasi Kontak Darurat dimana fitur ini para pengguna dapat menemukan nomor nomor penting seperti nomor kantor polisi nomor rumah sakit nomor pemadam kebakaran , 



           

1.4 Social Media & Social Network pada Bidang Pendidikan

Pemanfaatan komputer lebih banyak ditujunkan untuk kegiatan pembelajaran secara digital dan jarak jauh khususnya dalam menggunakan social media dan social network. Di bidang pendidikan social media dan social network banyak di implementasikan di sekolah maupun di perguruan tinggi .Penggunaan social media dan social network dituntun dalam membantu proses pembelajaran dan memudahkan dalam mencapai informasi yang terkait. Contoh aplikasi pada bidang pendidikan adalah

a. Mindtalk
Mindtalk merupakan merupakan social media  dimana tempat bertemunya orang-orang yang mempunyai kesamaan minat untuk bertukar pikiran secara digital atau bisa juga mindtalk merupakan social media yang berbentuk channels. Mindtalk merupakan karya asli bangsa Indonesia didirikan Robin Ma'rufi dan Danny Oei Wirianto bulan Maret 2011. Mindtalk berada di bawah naungan PT Merah Putih Incubator (MPInc.).Didalam mindtalk kita dapat memilih  beragam pilihan aktivitas berbagi yang tidak hanya berupa status,pendapat, komentar atau foto dan video, tetapi juga artikel dalam satu channel, pertanyaan. Klasifikasi yang terdapat  Mindtalk sangat bermacam, antara lain selebritas , pendidikan , teknologi , musik , film, toko dan olahraga. Tetapi didalam mindtalk kita dapat banyak mendapatkan informasi yang sangat penting.



Mindtalk menyediakan ruang sendiri dalam ketertarikan minat bagi  para penggunanya dalam bentuk channel, selain itu  Mindtalk mengadopsi sistem real time stream sehingga memungkinkan penggunanya untuk memposting secara cepat.Secara garis besar Mindtalk termasuk di bidang pendidikan karena di dalam Mindtalk menyajikan berbagai informasi dan di dalam pendirianya Mindtalk mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi yang berprestasi science dan tech, game, books and literature, sport, music, automotive, advertising and marketing, fashion, art and creative, photography, education, dan movie sesuai yang terdapat di beberapa channels unggulannya. Selain di bidang pendidikan, Mindtalk termasuk di bidang bisnis karena didalam Mindtalk terdapat akses jual-beli.












EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
$-)
(y)
(f)
x-)
(k)
(h)
cheer